Posted in Drama, Korea, Sinopsis

[Sinopsis] Jungle Fish 2 – Episode 8


Episode 8

*****

“…What exactly is the thing that is making us suffer?”

“… If this is a dream, I hope I never wake up from this.”

*****

~ Episode 8 – The Jungle is Gloomy. But Sunny Too ~

Seo Yul yang pingsan di dekat loker, langsung dilarikan ke rumah sakit. Sementara itu, di atap Pungrim High School, Goon Ji memberitahu Ho Soo kalau dia telah menemukan identitas WHO yang asli. WHO adalah Yul. Dari IP address yang dilacak Goon Ji, lokasi WHO ternyata ada di Gahwa High School. Sebelumnya Goon Ji juga melihat cat merah di sepatu Yul malam itu. Jadi dia menyimpulkan kalau WHO itu Yul. Ho Soo dan teman-temannya kaget mengetahui ternyata WHO itu Yul.

Karena penasaran, Ho Soo berulangkali menghubungi HP Yul. Tapi tak ada yang jawab. Jelas aja, kan Yul lagi sakit, hehehe. Waktu Seo Yul udah bangun, Ho Soo masih nelpon dia, tapi nggak dia angkat.

Paginya di kelas Ho Soo. Salah satu teman Ho Soo heboh berteriak membawa berita baru. Dia bilang kalau Komite HAM sedang menginvestigasi sekolah mereka karena kasus Ra Yi. Ho Soo sama Goon Ji langsung tersenyum, mereka senang karena kemungkinan besar Ra Yi bisa sekolah lagi. Kabar gembira tersebut langsung Goon Ji kirimkan ke Ra Yi. Ra Yi dan ibunya yang mendapat kabar tersebut langsung sorak kegirangan.

*****

Malam harinya, Ahn Bawoo dan Won Tak sedang berjalan melewati sebuah gang. Tiba-tiba mereka melihat pemandangan asyik. Apa itu?? Beberapa siswa Pungrim HS –yang merupakan pengikut Bong Ri Tae– sedang memukuli seseorang. Karena berpikir itu menarik, Won Tak langsung mengeluarkan HPnya dan merekamnya. Bong Ri Tae yang ternyata ada di situ juga bersama Baek Tae Rang berusaha menyuruh mereka berhenti. Tapi perhatiannya pindah ke Ahn Bawoo yang memanggilnya dan ia ganti menghampiri Ahn Bawoo. Won Tak yang terus mengikuti perkelahian tersebut mengingatkan Ri Tae untuk menghentikannya karena si korban udah tepar. Tapi malah, anak buahnya pada kabur semua. Tinggal dia sama Tae Rang. Kontan aja mereka ikut kabur.

Penantian Ho Soo nggak sia-sia. HPnya Yul akhirnya diangkat, tapi si mama. Dia dikasih tau kalau Yul ada di rumah sakit. Sesampainya di rumah sakit, dia langsung menyapa Yul yang menghampirinya. “Nice to meet you, …WHO.” Seo Yul kaget. Dia tanya ke Ho Soo bagaimana dia bisa tahu. Ho Soo jelasin semuanya. Tapi dia juga ingin Yul menjelaskan semuanya pada Ho Soo, lewat pengakuannya sendiri. Karena Yul belum mau bicara, Ho Soo langsung ninggalin Yul sendirian.

*****

Di sekolah. Bong Ri Tae dkk disidang sama si wali kelas atas perbuatan mereka kemaren. Akan tetapi, anak buah Ri Tae berkhianat. Karena si korban hanya mengingat nama Ri Tae, si Guru langsung menyalahkan Ri Tae dan melepaskan anak buah Ri Tae. Ri Tae berusaha mengatakan yang sebenarnya. Tapi gurunya nggak percaya, dan terpaksa Ri Tae akan dikeluarkan. Ri Tae balik ke kelas sebentar sambil marah-marah.

Ho Soo yang ngerasa ada yang nggak bener terus tanya ke Baek Tae Rang yang dari tadi gelisah terus. Tae Rang bilang dia nggak bakal dilepasin anak buahnya Ri Tae kalau bilang yang sebenarnya. Jadi dia diam aja. Tapi dia bilang ke Ho Soo kalau Ahn Bawoo melihat peristiwa semalam.

Sepulang sekolah Ho Soo pergi ke kedai mie pamannya. Di sana dia ketemu Ahn Bawoo. Bawoo yang risih dilihatin Ho Soo terus langsung tanya ada apa. Dia pikir Ho Soo masih marah sama dia. Tapi Ho Soo malah tanya apa Bawoo melihat peristiwa Bong Ri Tae semalam. Bawoo bilang iya. Terus Ho Soo tanya, “Apa Ri Tae emang mukulin tuh orang?”. Ahn Bawoo jawab, “Tidak. Anak buahnya yang memukulinya. Dia tak melakukan apapun.” “Pasti mereka berkata kebalikannya. Guru itu tidak mempercayai kata-kata Ri Tae. Mereka mau mengeluarkan Ri Tae.” Lalu Ahn Bawoo bilang, “Sepertinya tidak berubah ya. Tetap begitu.” Maksudnya, dia dulu dikeluarin juga gara-gara itu. *Gurunya nggak percaya kalau Ahn Bawoo bukan yang mukuli orang*

Ho Soo terus bilang, “Katanya kau merekam kejadian itu.” Ahn Bawoo bilang kalau yang merekam si Won Tak. Terus dia sadar arah pembicaraan Ho Soo. Ho Soo pasti mau dia bantuin Ri Tae. Kontan aja dia nggak mau. Dulu yang buat dia di DO dari sekolah kan Ri Tae, masak dia mau ganti bantuin dia? Ho Soo nggak maksa. Dia nyuruh Ahn Bawoo buat mutusin sendiri. Karena nggak tau mau gimana, Ahn Bawoo terus ninggalin kedai paman Ho Soo itu.

Tak lama setelah Ahn Bawoo pulang, Ho Soo menimang-nimang HPnya. Bingung mau nelpon Yul apa nggak. Dia nggak tau kalo ternyata Yul ada di luar. Yul udah mau masuk ke kedai, udah buka pintu dikit, tapi langsung ngumpet di belakang dinding begitu Ho Soo ngelihat ke arah pintu. Mungkin dia masih takut.

*****

Masa observasi Ahn Bawoo karena kasus perkelahian yang menyebabkan dia di DO telah usai. Si ayah minta Ahn Bawoo buat ngobrol sama dia. Dia ngajak Ahn Bawoo buat tinggal bareng lagi dan minta maaf atas segala kesalahannya dulu. Ahn Bawoo galau. Dia nggak tau mau gimana. Terus dia mutusin buat keluar rumah makan tempat dia dan ayahnya makan dan memandang  foto ibunya di dompet. Dia di telpon Won Tak. Ada kos-kosan murah kalau Ahn Bawoo mau. Tapi Bawoo bilang kalau dia nggak butuh kos lagi dan memilih menggunakan uang yang selama ini ia cari untuk berpesta.

Di Pungrim HS. Kelas Ho Soo yang lagi pelajaran tiba-tiba diributin sama suara nggak jelas yang manggil-manggil Ho Soo sama Goon Ji buat main. Semua siswa langsung melihat ke bawah. Sementara si guru langsung menuju ke sumber suara, yang ternyata Ahn Bawoo.

Si guru langsung aja marahin Ahn Bawoo. Tapi Ahn Bawoo malah menghampiri si guru dan menyerahkan sekeping vcd. Dia bilang kalo dia melihat perkelahian ketika melewati sekolah beberapa hari lalu. Bong Ri Tae tidak memukul siapapun. Dia minta gurunya untuk melihat video itu walaupun dia tahu guru itu nggak akan percaya sama orang kayak dia. Walaupun dia benci sama Ri Tae, Ahn Bawoo nggak mau Ri Tae jadi kayak dia. Yang di DO karena kebohongan. Habis bilang itu, dia pamit sama Ho Soo dan Goon Ji terus pulang.

Si Guru langsung menonton video dari Ahn Bawoo tadi. Dan mengatakan ke Ri Tae kalau dia tidak bersalah. Ahn Bawoo yang memberitahu. Ri Tae kaget. Ahn Bawoo? Terus si guru tanya kebenaran kasus dulu yang membuat Ahn Bawoo di DO. Ri Tae kemudian bilang yang sebenernya.

*****

Ahn Bawoo ngerayain party buat memperingati habisnya masa observasinya. Waktu lagi ngobrol sama sahabatnya, Seo Yul datang. Seo Yul bilang kalau Hyo An meninggal karena dia. Dia ngaku kalau dia yang udah membunuh Hyo An. Kontan mereka terkejut semua. Terus Ahn Bawoo minta buat musiknya dimatiin and minta maaf sama temen-temennya, dan memohon supaya mereka pulang  biar dia sama sahabat-sahabatnya bisa bicara serius dulu. Seo Yul nggak bilang apa-apa lagi. Dia terus ngasihin diary rahasianya bareng Hyo An ke Ho Soo, terus pergi. Ahn Bawoo langsung ngejar dia.

Sementara itu, Lee Ra Yi langsung merebut diary itu dan membacakannya.

4 September 2010 – Sudah berapa lama sejak terakhir kali aku menulis di diary ini…

Dan mulailah kenyataan terungkap. Satu persatu. Misteri tentang penyebab kematian Hyo An perlahan terkuak…

— Flashback ON —

4 September 2010 – Sudah berapa lama sejak terakhir kali aku menulis di diary ini…

… Alasan kenapa kita semakin menjauh sejak memasuki SMA, alasan mengapa kita kehilangan senyum kita, akhirnya aku mengetahuinya hari ini.

Hyo An meminta Seo Yul bertemu. Dia bilang kalau nama Seo Yul ada di daftar penerima bantuan social (Social Aid Recipients). Yul tanya dari mana Hyo An tahu. Bukannya jawab Hyo An langsung lanjut, “Jadi itu alasan kenapa kau menjauhiku dan bergaul bersama orang-orang itu. Jika itu karena ayahmu, aku harap…” Belum selesai Hyo An berkata, Seo Yul langsung menghentikan. Dia lalu mengancam Hyo An, kalau sampai berita ini tersebar, dia nggak akan pernah mau ketemu sama Hyo An lagi. Seo Yul terus langsung pergi ninggalin Hyo An.

Haruskah aku menyimpan rahasia ini demi Seo Yul? Ataukah sebaiknya aku mengungkapkan ini kepada siswa lain yang diperlakukan tidak adil?

— Flashback OFF —

*****

Di tempat lain, Seo Yul juga menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi kepada Ahn Bawoo.

“Aku memberitahu Yumi dan Eun Ji tentang hal itu ketika Hyo An tak kunjung membuat keputusan. Khawatir dan ketakutan kalau Hyo An akan mengungkap kebenaran.”

— Flashback ON —

Sepulang sekolah, Hyo An dicegat sama Yumi and the gank, termasuk Seo Yul. Mereka mengancam Hyo An agar segera menyerah dari usahanya buat mengungkap data-data kebenaran yang dia dapat. Habis bilang begitu, mereka pergi ninggalin Hyo An. Termasuk Seo Yul.

Ketika Yul membalikan badannya, aku kehilangan harapan terakhir dan satu-satunya yang kumiliki.

12 September – Akhirnya Guru Jung mengkhianati kami. Walaupun aku sendirian, aku akan merubah semua hal yang salah ini…

Hyo An terus nelpon reporter Lee So Eun – reporter yang dia kenal karena Guru Jung dan usaha mereka – dan bilang kalau dia punya cerita yang menarik.

Setelah kabar kalau Hyo An punya bukti tentang kecurangan beberapa murid, dia disuruh menandatangani surat perjanjian sama si kepala sekolah. Hyo An nolak keras. Dia terus menyobek surat itu dan berlari meninggalkan kepsek.

… Apa yang kita harapkan untuk dipelajari dari mereka?

— Flashback OFF —

Seo Yul kembali menceritakan semua sambil menangis di samping Ahn Bawoo.

“Hal yang bisa aku lakukan hanyalah menjaga robekan surat perjanjian itu…”

“…Jika itu adalah aku, aku pasti akan membiarkannya begitu saja dan melarikan diri. Tetapi Hyo An tidak. Tapi semakin dia berusaha lanjut, semakin banyak kekejaman yang dia dapatkan. Rumor tentang dikeluarkannya Hyo An dari kelas special.”

— Flashback ON —

Hyo An yang sedang belajar didatangi dua siswi. Dia dimarahi karena mereka tahu kalau Hyo An yang ada dibalik semua ini.

“Kau tidak apa jika tidak ada kelas special karena kau sudah pintar. Tapi bagi kami itu sangat penting!”

“Kau sungguh egois!”

“Kau sungguh mengganggu!”

Lalu mereka meninggalkan Hyo An. Hyo An juga mendapat tatapan sinis dari Yumi dan Eun Ji.

Yumi dan Eun Ji yang tahu kalau Seo Yul dan Hyo An bersahabat dari kecil memintanya untuk menyelesaikan masalah mereka dengan Hyo An. Seo Yul nggak mau. Tapi dia diancam. Hyo An yang mendengar semuanya dari balik dinding hanya bisa pasrah.

Hyo An tak henti-hentinya dapat tekanan. Kali ini dari Yul sendiri. Dia dipaksa memberitahu dimana USB itu, tapi Hyo An menolak. Yul tak tinggal diam. Dia langsung mengacak-ngacak tas Hyo An dan merobek semua buku yang Hyo An punya. Kejadian itu direkam oleh Yumi *video itu yang kemaren Yumi kirim ke Ho Soo*. Setelah kejadian itu. Hyo An mendapat setangkai bunga putih dari tiap temannya di kelas special. Entah apa artinya. Turut berduka mungkin?

Di dalam hutan yang dibuat oleh orang dewasa, sebenarnya kit ajuga membuat hutan lain di dalamnya. Kita memutuskan bagaimana sesuatu terjadi, who are the scapegoats,dan secara brutal menyerang satu sama lain di dalam jungle ini …

…Benarkah kita akan baik-baik saja jika sesuatu terus berlanjut seperti itu?

— Flashback OFF —

“Aku takut kalau aku akan menjadi seperti Hyo An, sangat takut. Jadi… Ini semua karena aku. Karena aku…” Seo Yul mengungkapkan semuanya sambil menangis.

Yul-ah,, jangan menangis. Aku tidak membencimu. Aku hanya membenci orang dewasa yang merenggut senyuman dari wajahmu dan teman-teman itu yang membawa pergi jiwamu. Maaf aku tidak bisa menjagamu sampai akhir. Kau harus tetap kuat untukku, karena aku adalah kau, dan kau adalah aku.

Di tempat lain, Lee Ra Yi mengakhiri membaca diary Hyo An itu dengan tangisan. Begitu juga Goon Ji dan Ho Soo.

Seo Yul yang telah selesai mengungkapkan semua pada Ahn Bawoo hanya bisa menangis dan berniat meninggalkan dia. Tapi Ahn Bawoo menahannya. Seo Yul tetap pergi meninggalkan Bawoo. Bawoo tak bisa apa-apa.

Di tempat lainnya. Semua orang mulai menangis karena Hyo An.

Guru Jung. Dia menangis menyesal karena di akhir hidup Hyo An dia tidak mau membantunya dan menyerah begitu saja.

Min Ho Soo. Dia menyesal karena saat terakhir kali dia bertemu Hyo An dia tidak mau mendengar penjelasan Hyo An dan meninggalkan begitu saja.

Han Ji Eun. Dia menangis. Karena sebagai orang terakhir yang bertemu dengan Hyo An di hari itu, dia malah membentak-bentak Hyo An. Dan bilang mungkin kalau ada orang yang mati karena kasus ini maka sekolah akan menanggapinya. Ji Eun menganggap, mungkin karena itulah, Hyo An bunuh diri.

Lalu Ho Soo berkata, “Mungkin sebenarnya yang telah membunuh Hyo An adalah kita semua.” Mereka pun menangis.

Tiba-tiba HP Ho Soo berbunyi, tanda ada sms, kemudian HP Rayi, Goon Ji, dan Ahn Bawoo yang berada di tempat berbeda berbunyi juga. SMS dari Seo Yul.

“I am really despicable, right? Awalnya aku mengira sekolahan dan orang dewasa itu yang menyebabkan Hyo An meninggal, tetapi ternyata akulah satu-satunya yang paling banyak membuat Hyo An sangat tersiksa. Mungkin aku mengetahuinya, tapi aku mempertahankan diri bahwa aku tidak tahu. Tapi Hyo An masih saja mengkhawatirkanku sampai akhir hidupnya, Aku sungguh merindukan Hyo An. Aku ingin bertemu dengannya dan meminta maaf padanya. Dan, Aku sungguh ingin meminta maaf pada kalian semua.”

Setelah mengirim SMS itu, Seo Yul berjalan sambil menangis. Dia menuju gedung tempat Hyo An bunuh diri. Ahn Bawoo yang mengetahui sesuatu yang buruk akan terjadi segera menyusul Seo Yul. Begitu pula Min Ho Soo.

Ho Soo mencoba memperpanjang waktu dengan menelpon Seo Yul. Dia menanyakan dimana Seo Yul dan tidak akan memaafkannya kalau dia mencoba melakukan hal itu. Tapi Seo Yul tetap saja ingin menyusul Hyo An. Dia berdiri di pinggir bangunan itu.

Untung Ahn Bawoo datang tepat waktu. Dia memohon pada Seo Yul agar tidak bunuh diri. “Jangan mati. Jangan mati dan hiduplah untuk Hyo An walaupun kau lelah. Bukankah Hyo An berkata begitu?”

Lalu Ho Soo pun datang. Dia bilang kalau kematian Hyo An bukan salahnya. “Ini salah kita semua. Kau tidak akan menyelesaikan masalah hanya dengan mati. Kau harus hidup dan buktikan kalau apa yang dilakukan Hyo An benar.”

Dan akhirnya, Seo Yul berhenti untuk mencoba bunuh diri. Dia jatuh terduduk sambil menangis.

*****

Di Gahwa HS. Sebuah SMS tentang daftar siswa yang masuk ke Gahwa secara illegal beredar di setiap HP siswa. Tidak hanya itu, lembaran yang membuktikan kalau sesuatu yang salah terjadi di sekolah juga Seo Yul sebarkan. Ini demi membuktikan kalau apa yang dia lakukan salah dan Hyo An benar.

Di rumahnya, Seo Yul memberikan surat pengunduran dirinya dari sekolah pada ayahnya. Walaupun ayahnya memarahinya, dia tetap tidak peduli dan tidak mau hidupnya diatur seperti itu lagi.

Ahn Bawoo, dalam perjalanannya, dia melewati sebuah toko yang menjual sepatu. Di etalase tokonya terpampang sepatu pink cantik. Kemudian dia memutuskan untuk membelinya.

*****

Goon Ji, Ra Yi, Ho Soo, Ahn Bawoo, dan Seo Yul berencana mengunjungi makam Hyo An dan berenung di sana bersama. Yang datang baru Goon Ji, Ra Yi, dan Ho Soo. Bawoo berlari mendekati mereka dan menanyakan apakah Yul sudah datang? Belum. Rayi malah bertanya apa yang Bawoo bawa itu. Goon Ji dengan pintarnya menebak kalau itu 100% hadiah untuk Yul.

Tak selang lama, Hp Ahn Bawoo bunyi. Semuanya juga. Lagi-lagi ada SMS dari Seo Yul untuk mereka semua.

“Aku meninggalkan Seoul sekarang. Aku pasti akan merindukan kalian, teman.”

Ahn Bawoo berusaha mengejar Seo Yul. Tapi baru beberapa langkah, Ra Yi berkata, “Sudah terlambat. Dia sudah pergi.” Kemudian dia kembali duduk bersama 3 teman lainnya.

“Dia akan baik-baik saja, kan?” tanyanya.

“He’em.” Mereka serempak mengangguk.

*****

Hari-hari terus berlanjut.

Di rumah Rayi, surat tentang penyelidikan kasusnya telah dikirim. Di sana tertulis Ra Yi bisa bersekolah lagi seperti dahulu. Ibu dan dirinya senang sekali. Saat kembali di kelas, dia menyapa teman-temannya dengan semangat, sementara mereka, hanya bermalas-malasan.

Ra Yi sudah kembali ke sekolah. Walaupun sekolah tidak akan mudah, dia tetap berusaha keras.Fansclub Goon Ji sekarang sudah mempunyai lebih dari 10K members. Bawoo sedang bekerja di sebuah perusahaan obat melalui rekomendasi dari ayahnya. Kemudian dia menjadi asistan di kedai paman pada malam hari. Paman ingin mempercayakan kedainya pada Bawoo tahun depan dan pergi untuk perjalanan keliling dunia, tapi bayangkan apa yang bisa didapat? Aku… Tak banyak yang berubah dari diriku. Hanya seperti murid SMA biasa di Korea setiap hari.

Bong Ri Tae sekarang tidak lagi menindas orang kecil. Dia bahkan bersahabat selayaknya dengan Baek Tae Rang.

Bagaimana kabarmu? Apakah kau baik?

Email yang ditulis Ho Soo untuk Seo Yul. Seo Yul sekarang bersekolah di luar Seoul. Dia mendapatkan teman baru di sana. Senyumannya pun kembali seperti dulu. Seperti yang diminta Hyo An, Seo Yul telah berubah menjadi dirinya lagi.

Dia menaiki sepedanya dengan ceria bersama teman barunya. Tak lupa dia mengenakan sepatu pemberian Ahn Bawoo dulu.

*****

Di perjalanan pulang, Ho Soo melihat bayangan Hyo An duduk di halte bis. Dia pun menghampirinya dan duduk di sampingnya. Dia bertanya pada Hyo An, “Bisakah kita sungguh merubahnya? Bisakah kita?” Hyo An tersenyum dan mengangguk.

~ TAMAT ~

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

One thought on “[Sinopsis] Jungle Fish 2 – Episode 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s