Posted in Film, Korea

My Sassy Girl (KMovie 2001)


My Sassy Girl

  • Hangul                  : 엽기적인 그녀
  • Hanja                    : 인 그
  • RR                           : Yeopgijeogin Geunyeo
  • MR                         : Yǒpkijǒgin Kǔnyǒ
  • Directed by         : Kwak Jae-yong
  • Produced by      : Shin Chul
  • Written by          : Kim Ho-sik, Kwak Jae-yong
  • Music by              : Hyeong-seok Kim
  • Cinematography : Sung-Bok Kim
  • Editing by            : Sang-beom Kim
  • Distributed by   : Cinema Service
  • Release date      : July 27, 2001
  • Running time     : 123 minutes
  • Country                : South Korea
  • Language             : Korean

*****

My Sassy Girl (Korean: 엽기적인 그녀; literally, That Bizarre Girl) adalah film komedi romantic Korea Selatan yang rilis pada tahun 2001. Film dengan director Kwak Jae-yong ini menceritakan tentang seorang pria yang bertemu dengan gadis mabuk di sebuah kereta yang membuat hidupnya berubah. Cerita ini dipercaya sebagai kisah nyata yang dipostkan di internet dalam sebuah series yang ditulis oleh Kim Ho-sik yang kemudian diadaptasi dalam sebuah novel.

Film ini sangat sukses di Korea Selatan dan menjadi film komedi Korea yang mendapat rating tertinggi sepanjang waktu. Ketika My Sassy Girl dirilis di Asia Timur, film ini menjadi sebuah mega blockbuster yang meledak diseluruh wilayah, dari Jepang, China, Taiwan, Hong Kong, dan juga Asia Tenggara, dimana film ini dibanding-bandingkan sejajaran dengan film barat romantic, Titanic.

Di remake menjadi sebuah film baru di Amerika, dimainkan oleh Jesse Bradford dan Elisha Cuthbert, dan directed by Yann Samuell, film remake dari My Sassy Girl ini dirilis pada tahun 2008. Sebuah drama Jepang yang juga mengadaptasi cerita film ini dengan Tsuyoshi Kusanagi dan aktris Rena Tanaka sebagai bintang utamanya mulai ditayangkan April 2008.

*****

Plot

My Sassy Girl bercerita tentang Gyun-woo yang bertemu dengan seorang gadis cantik tapi aneh di dalam kereta. Gadis itu mabuk berat setelah minum-minuman akibat diputuskan kekasihnya. Karena tingkah gadis itu yang mengganggu, Gyunwoo terpaksa harus merawatnya dan mendapat kesialan. Namun, seberapa pun dia berusaha menjauh dari gadis itu, pada akhirnya mereka selalu bertemu.

Karena ketidak sengajaan bertemu dan menjalani segala sesuatu bersama, Gyunwoo dan gadis itu akhirnya merasakan jatuh cinta. Walaupun tingkah laku gadis itu sedikit menyebalkan, hidup Gyunwoo yang awalnya biasa saja menjadi berwarna karena kehadiran gadis itu.

Namun, tak selamanya yang mereka lalui berjalan mulus. Kisah cinta mereka dilarang oleh orang tua si gadis. Mereka mengganggap kalau Gyunwoo tak pantas menjadi pasangan putrid mereka. Walaupun larangan dan beberapa kerikil kecil lain menghalangi cinta mereka, cinta Gyunwoo pada gadis itu tetap bertahan.

Sampai pada suatu hari, mereka harus terpisah. Sebelum berpisah, mereka berdua menulis surat, menyimpannya dalam sebuah kapsul, dan menguburnya di sebuah gunung. Beberapa tahun kemudian, gadis itu datang ke tempat penguburan surat mereka dan mendapati sebuah kenyataan.

*****

Starring

  • Cha Tae-hyun as Gyun-woo
  • Jun Ji-hyun as The Girl
  • Kim In-Mun as Gyun-woo’s father
  • Song Ok-suk as Gyun-woo’s mother
  • Han Jin-hie as The Girl’s father
  • Yang Geum-seok as Gyun-woo’s aunt

*****

Pendapatan

My Sassy Girl adalah film kedua dengan penjualan tertinggi pada tahun 2001 (setelah film Friend) dan menjadi film komedi Korea dengan pendapatan tertinggi sepanjang waktu. Sebanyak 4,852,845 tickets terjual di dalam negeri dan 1,765,100 di daerah Seoul setelah 10 minggu penayangannya di bioskop.

Koreanfilm.org memuji akting Jeon Ji-hyun yang melukiskan karakter tokoh utama tersebut, mereka menyebut dia sebagai “undisputed star” dan menyatakan bahwa “film ini tidak akan sukses seperti ini jika tanpa Jeon Ji-hyun “.

*****

Awards and nominations

Event Award
2003 Hong Kong Film Awards Best Asian Film
2003 Hochi Film Awards Best Foreign Language Film
2002 Grand Bell Awards Best Actress – Jeon Ji-hyun
Best Adapted Screenplay – Kwak Jae-yong
2003 Fant-Asia Film Festival Most Popular Film
2001 Blue Dragon Awards Best New Actor – Cha Tae-hyun
2004 Awards of the Japanese Academy Nomination for Best Foreign Film

 *****

Annyeong~~

Bawa satu film lagi yang terkenal di Korea dan di luar Korea. My Sassy Girl. Legenda film Korea nih😀

Di samping pemainnya yang eman ngetop dan perannya bagus, Jeon Ji Hyun dan Cha Tae Hyun, film ini ternyata punya sisi unik tersendiri lhoh. Sadar nggak sih cewek yang diperanin Jeon Jihyun di sini itu nggak punya nama? Awalnya waktu lihat aku yang bingung sendiri. Aku pikir apa aku tadi nontonnya nggak tenanan sampe-sampe nama pemainnya nggak tau?! Eh, ternyata emang nggak ada namanya. Di sini dia Cuma disebut sebagai “gadis itu”.

Selain itu, film ini dibagi jadi 3 bagian. Bagian pertama bagian waktu Gyunwoo pertama ketemu sama Sassy Girl itu. Bagian kedua waktu mereka ketemu lagi setelah berpisah dan hilang kontak. Dan bagian terakhir menceritakan kejadian yang berlangsung saat ini. Jadi ceritanya, bagian satu dan dua itu Cuma seperti flashback gitu, tapi disajikan dengan cara berbeda B)

Dan lagi. Adegan pertama film ini seperti kelanjutan dari film Windstruck yang dibintangi sama Jeon Jihyun juga. Ada seorang gadis yang hampir ketabrak kereta tapi kemudian diselametin sama cowok. Cowoknya itu Cha Tae Hyun. Aku pikir ini sekuelnya. Tapi ternyata nggak. Setelah aku browsing, My Sassy Girl ternyata rilis lebih dulu (tahun 2001), sedangkan Windstruck belakangan (2004). Nggak mungkin kan sekuelnya malah duluan?!

Cerita film ini termasuk kocak tapi romantis. Awalnya aku kecewa kenapa film ini disebut-sebut sama orang bisa bikin nangis. Menurutku justru film ini termasuk komedi dari pada bikin nangis. Nyatanya sampe 10 menit menjelang akhir aku belum nangis. Ternyata eh ternyata, bagian yang bikin nangis itu ditaruh belakang euy. Mirip sama Hello Ghost, bagian yang sedih ada di 10 menit terakhir film.

Menurutku, yang bikin nangis adalah waktu Gyunwoo membuka kapsul tempat ia dan gadis itu menyimpan surat mereka dulu. Apa yang ditulis gadis itu di surat bikin aku nangis. Ceritanya ternyata begitu T__T

Begitu juga waktu gadis itu kembali ke gunung tempat ia mengubur kapsul dengan Gyunwoo dulu. Keadaan gunung itu udah beda karena ia udah lama nggak kesitu. Aku nangis waktu bagian-bagian ini. Hiks.

Walaupun nggak sesedih Wedding Dress atau setragis kisah cintanya More Than Blue, My Sassy Girl cocok bagi penyuka film melodrama. Selain kisahnya yang romantis, penonton tak akan bosan karena cerita film ini dibalut dengan kisah humor yang tak jarang bikin ngakak! Ditambah pemeran yang emang mainnya udah keren ya! Cocok deh film ini jadi salah satu yang wajib ditonton😀

Oke. Sekian dari saya. Kurang lebihnya mian yah.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Credit:

  • source: wikipedia
  • translated and posted by: amouradilla@cassieva.wordpress.com

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

3 thoughts on “My Sassy Girl (KMovie 2001)

  1. Sumpah, My Sassy Girl gak pernah bikin aku bosen buat nonton. Sampai dari Soundtrack, potongan Film, semua udah aku koleksi..
    The Best Movie For Me.
    Bikin aku pengen ada difilm itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s