Posted in Drama, Korea, Sinopsis

[Sinopsis] Jungle Fish Season 1


Di sebuah sekolah sedang diadakan test. Saat pembagian soal, seorang siswi terkejut melihat isi soal itu. Kemudian dia menoleh pada temannya, dan temannya itu juga terkejut.

*****

Selesai test, Jaeta (Kim Soo Hyun) mencoba memanggil teman sekelasnya, Donghee. Namun, Donghee tak memperdulikan dan malah langsung pergi. Jaeta langsung mengikuti Donghee dan menemukan pria itu sedang berbicara dengan 2 orang siswi (yang diceritakan di atas tadi) di sebuah ruangan gym.

Ketika sedang memperhatikan Donghee, Jaeta ditegur oleh temannya, Yong Sam (Hwang Chang Sun). Jaeta pun mengajak temannya itu untuk menjauh dari ruangan tempat Donghee berada. Di koridor, Yong Sam memamerkan kamera terbaru miliknya dan meminta tolong Jaeta untuk memotretnya. Bersamaan dengan itu, Donghee beserta 2 siswi tadi lewat. Kali ini bersama dengan seorang guru. Karena tak ingin Yong Sam tahu, Jaeta pun tak memperdulikan Donghe yang lewat itu.

*****

In Africa, fish in the river and lake are swept into the jungle by whirlwinds. The jungle fish struggle because they can’t find their way to the ocean.

We are not allowed to dream. We are like fish in a jungle that adults created. This is the place where I can dream and swim about freely. It’s my blog. I’d like all jungle fish to take a break here.

*****

Jaeta sendiri adalah siswa yang tergabung dalam kelas fotografi. Bersama Donghee dan Yong Sam tentu. Jaeta punya blog sendiri bernama Jungle Fish. Dan dia tertarik dengan segala hal yang berkaitan dengan dunia sekolah yang mengekang.

*****

Keesokan harinya, di sekolah tersebar rumor bahwa ada beberapa siswa yang mendapat bocoran soal ujian sebelumnya. Jaeta tak terlalu menanggapi rumor itu.

Pembagian hasil ujian juga dilaksanakan juga hari ini. Donghee berhasil menempati peringkat 3. Ketika Jaeta mendekatinya, Donghee terkesan menjauhinya. Dia juga berkata kalau dia akan keluar dari klub fotografi karena dilarang ibunya. Jaeta merasakan ada hal aneh yang terjadi pada Donghee. Namun ia tak berani menduga terlebih dulu.

*****

Rumors of the stolen exam sheets spread quickly. Whether they are true or not, things aren’t good at school. Everyone doubts their friends and their teachers. It’s like a trap in the jungle. Everyone, watch where you step.

*****

Di seberang sana, seorang gadis memberi komentar terhadap postingan blog Jaeta tadi.

Judging from the pictures, we go to the same school. I see a trap by my feet too.

*****

Gadis di awal cerita tadi dan gadis yang mengomentari blog Jaeta tadi adalah orang yang sama. Dia Lee Eunsoo. Di kelasnya, rumor tentang bocoran soal semakin panas. Ia teringat ketika ayahnya bertemu dengan gurunya ketika les, dan memberi mereka bertiga –Eunsoo, Donghee, dan siswi teman Eunsoo (Mirae) tadi– kumpulan soal. Eunsoo menyadari kalau soal yang ia terima ketika les dulu adalah soal yang sama untuk ujian.

*****

Malam harinya, Eunsoo dipaksa ibunya untuk mengikuti les tambahan. Ibunya menganggap nilainya belum memuaskan. Ibunya menginginkan dia masuk ke universitas terkenal. Karena paksaan ibunya, akhirnya Eunsoo menurutinya.

*****

Di sekolah, Jaeta diminta Yong Sam sebagai wakil dari klub potografi untuk menginvestigasi kasus bocornya soal di sekolah mereka. Setelah dibujuk, akhirnya Jaeta bersedia. Mereka pun mulai mewawancarai beberapa siswa untuk mendapatkan informasi tentang rumor itu.

Dan ketika Donghee diwawancarai Yongsam, ia langsung menolah dan terkesan marah. Menyadari ada yang aneh dengan Donghee, Jaeta pun mencoba berbicara dengannya. Namun hasilnya sama saja.

*****

Jaeta biasa main dan tidur di rumah pamannya. Kali ini pun demikian. Dia bercerita pada pamannya tentang rumor di sekolah dan sikap Donghee yang begitu aneh dan sensitive. Pamannya pun mengusulkan agar Jaeta menunggu temannya itu jujur padanya duluan.

*****

Everyone has a secret. It could be a painful one you have to take to your grave. It could be a lie that will be revealed in time. If the wall is high, it will distance us.

I thought during the interview. If the rumor is true, how are the people holding the key to secret feeling?

*****

Eunsoo berkomentar lagi di blog Jaeta.

I thought we were trapped in the jungle because of adults’ desires. But it’s our fault, too. Since we abide by the rules of the jungle. I’m sure the students involved are suffering a lot.

Tak lama kemudian, ada balasan dari komentar Eunsoo tadi. Dari beberapa orang.

Bull. If they’re suffering, I’m about to die.

You’re the culprit, right?

Get lost!

*****

Keesokan harinya di sekolah, Eunsoo meninggalkan pelajaran di kelas untuk mengikuti tutor tambahan. Bersama Donghee, Mirae, dan ketiga teman lainnya tentu saja. Guru mereka bilang kalau terpaksa besok kelas tambahan ditiadakan. Alasannya karena rumor bocornya soal yang akan diinvestigasi oleh pihak sekolah.

Donghae, Mirae, dan teman lainnya berdiskusi tentang masalah ini. Namun Eunsoo tidak mau ikut-ikutan lagi karena ia terlalu lelah. Ia pun kemudian dituduh sebagai orang yang telah menyebarkan rumor itu karena tak mau membantu mereka.

Di sekolah, beredar kabar kalau pihak sekolah dan komite kelas 3 akan menyelidiki tentang benar tidaknya rumor pembocoran soal tersebut. Jaeta yang saat itu berada satu ruangan dengan Donghee mengamati ada perubahan ekspresi di wajah temannya itu.

Yong Sam pun meminta Jaeta menggunakan kesempatan ini untuk ikut melakukan penyelidikan. Mereka berdua kemudian meminta pendapat beberapa siswa tentang pelaku pembocoran soal tersebut. Apa yang harus si pelaku dapatkan dan sikap bagaimana yang kira-kira akan diberikan seluruh siswa padanya. Jaeta pun mengupload video itu ke blognya.

Menggunakan ketenaran blog Jaeta, Yong Sam ingin foto-foto yang dulu ia ambil diupload ke blognya Jaeta. Di salah satu foto, terlihat gambar guru kelas 3, Donghee, dan 2 siswi lain lewat di sana. Jaeta pun ingat tentang kejadian waktu dulu di ruangan tempat Donghee dan 2 orang lain itu berbicara.

*****

Jaeta kembali berkunjung ke rumah pamannya. Ia selalu melakukan hal itu jika sedang dalam masalah. Ia bertanya pada pamannya tentang apa yang akan dia lakukan ketika temannya melakukan sesuatu yang sangat buruk. Pamannya menjawab ia akan menyanyakan alasannya terlebih dahulu. Namun Jaeta tak menganggap jawaban itu sebagai penyelesaian. Tapi kemudian pamannya berkata kalau kau tidak menanyakan terlebih dahulu, kau akan menyesal.

Kemudian Jaeta pun mengunjungi rumah Donghee untuk bertanya padanya tentang ujian lalu. Jaeta berkata pada Donghaee kalau ia melihat ketika Donghee berbicara dengan 2 siswi lain di ruang gym. Ia mengatakan kalau ia berpikir saat itu Donghee sedang membicarakan tentang soal tes ujian kemarin bersama siswi lain itu dan seorang guru kelas 3. Mengetahui kenyataan ini, Donghee semakin marah pada Jaeta dan tak berniat menemuinya lagi.

Di lain tempat, Eunsoo menghubungi teman baiknya, Kang Sol, setelah sekolah berakhir. Ia memberitahu Kang Sol tentang dirinya yang mendapat bocoran soal dari gurunya. Ia berkata kalau ia sangat tertekan karena itu ia memberitahu temannya itu dan meminta bantuan. Tapi belum selesai ia bicara, Kang Sol sudah memutuskan line telepon dan pergi.

*****

Keesokan hari di sekolah. Di mading tertempel pengumunan bahwa akan ada seseorang yang mengungkapkan pelaku pembocoran soal ini dalam dua hari.

What brought us this far?

Scene berikutnya diperlihatkan tentang keadaan para penerima bocoran soal. Eunsoo memandang sekolahnya dari lantai atas dengan wajah lelah.

I just wanted to be a good daughter.

Mirae mencoba mengerjakan soal di kelasnya namun tiba-tiba ia merobek kertas soalnya itu dan marah-marah.

I just wanted to be a good student like my parents wanted.

Sementara Donghee sedang menyendiri di pojok atap sekolahan, merenungi nasib.

I wanted to be a good friend.

Diperlihatkan juga ketika Eunsoo mengambil bola yang sebelumnya dilemparkan oleh sahabat baiknya, Kang Sol. Tapi keadaan mereka sangat canggung setelah pengakuan Eunsoo kemarin. Kang Sol pun menatap Eunsoo dengan pandangan yang tidak biasa.

What is hurting us so much? I have no confidence of living in this jungle anymore. I want to give everything up. I’m one of the students who saw the exam questions. It would be nice if I could turn everything back to the way it was. But it’s too late. I want to die. I only regret it.

Berikut bunyi pesan yang dikirimkan Eunsoo pada blog Jaeta. Namun sampai saat ini, Jaeta belum mengetahui identitas si penulis pesan untuknya.

*****

Jaeta menyelidiki penulis pesan untuknya di blog dan mendapati suatu fakta kalau gadis yang menulis pesan untuknya adalah orang yang memasang pengumuman di madding. Ia kemudian menduga bahwa gadis itu adalah gadis yang tertangkap foto Yong Sam sedang bersama Donghee pada waktu itu.

*****

Di sekolah, Jaeta mendesak Donghee agar memberitahunya siapa yang menulis pengumuman di madding. Karena ia yakin kalau Donghee kenal orang itu. Tapi Donghee tak mau memberitahu. Jaeta kemudian memberitahu kalau mungkin saja gadis itu akan bunuh diri. Namun Donghee tetap tak peduli.

Jaeta meminta bantuan Yong Sam untuk mencari identitas gadis itu. Satu-satunya petunjuk yang mereka miliki adalah foto sekolah mereka yang diposting di blog sang gadis. Mereka pun mencari ke seluruh sekolah sampai menemukan tempat yang sesuai dengan yang di foto. Di sana mereka bertemu Kang Sol, sahabat baik Eunsoo.

*****

Eunsoo sendiri sedang berada di pinggir bangunan. Sampai kemudian Kang Sol bersama Jaeta dan Yong Sam datang menemuinya. Eunsoo berpelukan dengan Kang Sol dan meminta maaf padanya. Kejadian itu disaksikan Mirae dan Donghee.

Ternyata orang yang menulis pengumuman itu bukan Eunsoo. Eunsoo menebak kalau yang menulis adalah Mirae. Mirae yang mengetahui dirinya menjadi pusat perhatian langsung berlari menjauhi mereka bersama Donghee.

Dan berakhirlah mereka di atap sekolah. Mirae dan Donghee mencoba untuk bunuh diri jika Jaeta dan teman-temannya berusaha mencegah mereka. Walaupun Eunsoo  dan Jaeta berusaha menghentikan mereka, tetap saja terlambat. Mirae dan Donghee sudah terjun dari lantai atas.

*****

Everything went back to normal after that incident. But I’ll never forget what happened that day.

Di jelaskan bahwa Mirae dan Donghee yang terjun ke bawah gagal bunuh diri karena di bawah lantai bawah mereka ternyata ada sebuah balkon😀 Teman-teman dan guru yang melihat dari atas lega karena mereka selamat.

Neither of them was thinking of suicide in the first place. They were pressured because of the investigation and rumors. They ran away because we surprised them. The incident ended like that. We could no longer see the teachers who were involved. The parents were all investigated, too. They never found out who reported the incident in the first place. The school returned to normal. At least in appearance, but…

Seperti yang diduga sebelumnya, pelaku pembocoran surat itu dikucilkan. Eunsoo masih bersekolah tapi tak seorang pun mau berteman dengannya. Mirae memutsukan pindah sekolah. Sementara Donghee tidak masuk sekolah dan tak ingin mengurung diri di rumahnya, tak mau menemui siapapun.

… nobody asked about the wounds it left us with.

Tapi kemudian, Kang Sol, teman baik Eunsoo, kembali ke sisi Eunsoo dan bersedia menerima Eunsoo kembali menjadi sahabatnya.

We fall, we get wounds, we get up, and we continue to grow. That is the law of the jungle.

This is the jungle and we’re in the jungle. We’re all jungle fish dreaming of the ocean.

Note:

Jaeta

Eunsoo

Others

Credit: amouradilla@cassieva.wp.com

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

6 thoughts on “[Sinopsis] Jungle Fish Season 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s