Posted in Film, Korea

(KMovie 2010) Harmony – Alunan Indah di Balik Jeruji


Harmony

Jeong-hye (Kim Yoon-jin) dihukum untuk menjalani 10 tahun kurungan di Penjara Wanita Cheongju setelah membunuh suaminya yang kejam. Di balik jeruji, Jeonghye melahirkan seorang anak laki-laki, namun sesuai dengan peraturan yang berlaku, wanita itu harus menyerahkan anaknya untuk diadopsi. Suatu hari, Jeonghye memutuskan untuk membentuk sebuah paduan suara dan kepala penjara menjanjikan kepada Jeonghye atu hari special untuknya dan putranya keluar penjara jika wanita itu berhasil membuat paduan suara yang sukses.

Profile

  • Movie: Harmony
  • Revised romanization: Hamoni
  • Hangul: 하모니
  • Director: Kang Dae-Kyu
  • Writer: Lee Seung-Yeon, Yun Je-Gyun
  • Producer: Kim Nam-Su, Yun Je-Gyun, Jae-Won Jeong
  • Cinematographer: Kim Yeong-Ho
  • Release Date: January 28, 2010
  • Runtime: 115 min.
  • Genre: Drama
  • Distributor: CJ Entertainment
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Plot

Moon Ok (Na Moon-Hee) dulunya adalah seorang professor music di sebuah universitas, tapi sekarang berada di ambang kematian di sebuah penjara wanita dikarenakan kasus criminal yang ia ciptakan, yaitu membunuh suami dan ibu tirinya. Di penjara, dia bertemu seorang wanita muda bernama Jeonghye (Kim Yunjin) yang membunuh suaminya karena masalah kekerasan fisik. Pada waktu hari-harinya di penjara, Jeonghye sedang mengandung dan akhirnya bayi itu lahir di dalam penjara. Sekarang 18 bulan berlalu, bayi Jonghye harus ia serahkan untuk diadopsi. Untuk menghabiskan satu hari penuh dengan anaknya di luar penjara, Jeonghye membentuk sebuah grup paduan suara yang beranggotakan para tahanan penjara. Moon Ok menjadi konduktor dalam paduan suara ini.

Teman-teman seruangan dan petugas penjara kemudian tersentuh dengan music yang dihasilkan oleh grup paduan suara ini. “Harmony” menyuguhkan sebuah drama unik yang berlatar di dalam dunia sebuah penjara wanita.

Notes

  1. Harmony selesai mengambil scene filmnya pada tanggal 20 Agustus 2009. Scene terakhir termasuk epilogue dimana teman-teman seruangan bernyanyi bersama dalam harmoni.

Cast

Additional Cast Members:

Film Festivals

*****

Assalammualaikum Wr. Wb. Annyeong…

Saya kembali lagi, nih, bawa film sad lagi tentunya. Maklum penggemar film bertema sedih-sedih, nggak tau kenapa kok suka banget sama film sedih beginian😀

Kali ini film Korea tahun 2010. Harmony, salah satu film yang (lagi-lagi) diproduksi oleh CJ Entertainment. Nggak tau kenapa ni CJ Ent pinter banget kalau buat film bagus. Udah film ke berapa coba yang bikin aku nangis dari tim produser ini .__.v

Harmony, awalnya nggak tertarik. Soalnya cover filmnya nggak menarik. Hehe, biasa lah. Aku orangnya judge a book by its cover. Jadi sekali liat covernya jelek ya jarang tak perhatiin. Ternyata eh ternyata, pepatah itu bener lhoh. Nggak tentu cover filmnya jelek cerita filmnya ikut jelek. Ternyata isi filmnya itu… speechless o.O.

Dapet rekomendasi film ini tentu aja dari internet. Katanya bisa bikin para penontonnya nangis. Dengan iming-iming seperti itu, akhirnya aku download deh. Walaupun perlu banyak perjuangan dan berjuta keringat yang menetes *oke ini lebai* akhirnya aku berhasil download. Dan setelah nonton, sukses mata aku sembab and tissue bapak ane hampir habis buat ngelapin ingus and air mata .___.

Harmony bercerita tentang para penghuni penjara wanita yang mempunyai masa lalu mereka sendiri. Sorotan utamanya yaitu Hong Jonghye (diperankan Kim Yujin), seorang wanita yang mengandung dan terpaksa melahirkan bayinya di penjara. Dia di penjara karena membunuh suaminya yang berlaku keras padanya. Karena anaknya lahir di penjara, mau nggak mau dia harus ngikutin peraturan, yaitu kalau anaknya udah sampai umur 1,5 tahunan, anak itu harus dipindah dari penjara dan diadopsi orang lain. Karena peraturan itu, Jonghye minta sama ketua penjara buat ngasih dia sehari penuh jalan-jalan sama anak laki-lakinya.

Ketua penjara mengizinkan asalkan tantangan yang diberikan Jonghye sendiri bisa berhasil dan sukses. Apa itu? Yaitu membuat sebuah grup paduan suara yang beranggotakan para narapidana penjara dan membuat grup vocal itu diakui oleh penghuni penjara dan pegawainya. Nah, dengan segala kemampuannya, ia berusaha membangun grup vocal itu dengan bantuan seniornya di penjara, Moon Ok.

Kim Moon Ok, nenek ini divonis penjara seumur hidup –dan bahkan hukuman mati, karena di masa lalu ia membunuh suami dan seorang perempuan. Aku nggak tau dia tepatnya siapa, kayaknya sih selingkuhannya suaminya, tapi kalau di synopsis malah ibu mertua. Nah lhoh, nggak nyambung banget… Okelah itu masalah gampang. Balik lagi ke si Moon Ok. Awalnya dia itu guru music, jadi Jonghye minta bantuan Moon Ok dalam paduan suara itu untuk jadi konduktornya.

Grup paduan suara mereka udah terbentuk. Tapi kata Moon Ok, mereka kurang punya anggota yang punya suara sopran. Jonghye trus nggak sengaja denger penghuni penjara baru yang sekamar sama dia lagi nyanyi. Dan suaranya itu bagus banget. Terus dia ngusulin anak baru itu buat gabung.

Anak baru itu, Kang Yu Mi. masuk penjara gara-gara pembunuhan yang nggak sengaja ia lakukan sama ayahnya. Ceritanya dia kayak mau diperkosa gitu, tapi dia berusaha menghindar dan malah nggak sengaja membunuh. Jadilah dia dibenci ibunya dan stress dimasukin penjara. Awalnya Yumi nggak mau gabung sama grup paduan suara itu, tapi karena sesuatu, akhirnya ia bersedia. Dan terbentuklah sebuah grup paduan suara yang sederhana tapi waah.

Adegan yang bikin aku paling nangis di sini ada dua. Yang pertama, waktu Jonghye akhirnya harus nyerahin anaknya buat diadopsi orang lain. Gilaa… Kasian banget. Nangis aku T_T Terus waktu akhirnya dia ketemu lagi sama anaknya, walaupun anaknya saat ini udah bukan anaknya lagi, aku tambah nangis kejer. Hiks.

Yang kedua, scene terakhir. Ketika Moon Ok yang akhirnya udah baikan sama anak dan menantunya. Tapi ternyata, itu adalah hal terakhir yang bisa diberikan anak-anaknya untuknya. Karena setelah itu, dia harus menjalankan hukuman matinya. Hiiiiks. Nggak nyangka.

Harmony, berlatar belakang kehidupan sebuah penjara wanita di Korea. Nggak kepikiran banget sebuah penjara bisa dibuat ide cerita film. Maka dari itu film ini beda sama cerita film lain. bagi kalian pecinta film mellow drama tapi bukan yang cinta-cintaan lovey dovey roman picisan, Harmony ini patut jadi pilihan buat ditonton. Di jamin deh, di samping bisa bikin terharu, tapi kocak juga.

Sekian Harmony dari saya. Annyeong ~~

Credit:

Source: asianwiki, hancinema

Posted by: amouradilla@cassieva.wp.com

 

 

 

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

11 thoughts on “(KMovie 2010) Harmony – Alunan Indah di Balik Jeruji

  1. semalam nonton film ini di .NET (sebelumnya Space Toon) dan sukses bikin berkaca-kaca.
    Ane yg udah punya anak jd kepikiran sendiri suasana hati Jong hye waktu berpisah dgn anaknya. trims for the article.

  2. Ceritanya sediiiiiihhhh bangggeettt (۳º̩̩́_º̩̩̀)۳

    Jeong Hye Harus berpisah sama anaknya demi masa depan min woo (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)‎
    Yu MI dibenci Ibunya dan akhirnya baikan (˘ε˘ƪ)

    Mon Ok yg harus ngejalanin hukuman mati (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)‎ (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)‎

    1. Maaf telat bgt jawabnya. Jarang update ._.v
      Lagu blog?
      aku pake ost i hear your voice: Every single day – echo, jungyeob – why did you come now🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s