Posted in Resensi

Marvellous, Karena Kamu Istimewa…


Judul Buku          : Marvellous – Karena kamu, istimewa…

Pengarang          : Monica Petra

Penerbit              : Media Pressindo, Yogyakarta

Terbit                    : 2011

Tebal                     : 96 halaman

*****

Vania, murid baru pindahan dari luar kota yang selalu murung, kesepian, dan menyendiri. IQ yang rendah membuatnya harus berjuang keras agar bisa naik kelas.

Zakie, anak lelaki berbadan tambun itu selalu tampak ceria dan ramah kepada siapa pun, wajar saja dia memiliki banyak teman. Selain itu, dia juga pintar.

Keduanya berteman dekat. Sama-sama bercita-cita menjadi astronot. Walau berbeda karakter, mereka selalu kompak dalam bermain dan belajar. Hal ini membuat teman-temannya iri. Hingga suatu hari, Sara membuat ulah yang mengakibatkna Zakie menjauhi Vania.

Bagaimana kelanjutan persahabatan mereka? Sanggupkah Vania menjalani hari-harinya tanpa Zakie? Bisakah ia naik kelas dengan IQ rendahnya? Temukan jawabannya di sini.

Marvellous, Karena kamu istimewa.

*****

Novel anak pertama yang aku baca :D! Pengarangnya adalah Monica Petra, penulis yang biasa aku baca karyanya di novel teenlit ataupun sejenis metropop. Kali ini mencoba mencoba hal baru dengan membuat novel anak pertamanya, Marvellous, karena kamu istimewa.

Jangan harap menemukan kisah cinta di novel ini. Namanya saja novel anak, ya kisahnya berkisar tentang anak-anak, hehehe.

Bercerita tentang Vania, gadis kecil yang tidak terlalu suka bergaul dan punya banyak teman dikarenakan kemampuan IQnya yang di bawah rata-rata teman seangkatannya. Dan itu membuatnya harus tinggal kelas. Beruntung di sekolahnya yang baru ia bertemu Zakie, anak laki-laki yang 180O berbeda dengannya. Zakie pintar, ramah, pandai bergaul, dan punya banyak teman. Yang membuat teman-teman mereka heran adalah Vanie yang jelas-jelas sangat berbeda dengan Zakie malah bisa berteman baik dengan Zakie.

Masa anak-anak Vania yang suram *lebai* pun mulai berubah berwarna semenjak kedatangan Zakie yang mengajaknya menjadi sahabat. Vania bisa lebih tersenyum dan tertawa bersama anak laki-laki itu. Namun ternyata, kebahagiannya tak bertahan lama. Karena sang gadis idola, Sara, teman sekelas Zakie dan Vania tak terima dengan kedekatan mereka dan mencoba untuk menjauhkan mereka. Dan… berhasil.

Lalu, bagaimana nasib Vania selanjutnya? Tanpa Zakie, bisakah dia tersenyum kembali?

Dibalut dengan bahasa khas anak-anak, dan memang ditujukan untuk anak-anak, pembaca *khususnya yang udah berumur kayak aku, haha* jadi lebih memahaminya. Tapi anehnya, aku personal malah membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membalik setiap lembar halamannya. Entah kenapa. Apa karena keseringan baca novel yang bahasanya udah setinggi atap dikasih bahasa anak-anak jadi sulit menyerap ya? .__.v

Diselingi dengan gambar-gambar yang mewakili kisah di setiap babnya, membuat novel setebal 96 halaman ini menjadi lebih menarik. Akan tetapi, ada beberapa gambar yang justru membuat aku terganggu. Kenapa? Karena ilustrasi yang digambarkan oleh gambar itu tidak sesuai dengan ceritanya. Ada beberapa detail cerita yang tidak tergambar di gambar dan malah membuat gambar itu mengubah cerita. Tapi nggak penting juga sih, hanya detail sedikit saja yang belum pas.

Walaupun ini cerita anak-anak, Monica Petra tak lupa menaruh kata-kata berkesan di novel ini. Dari judulnya saja sudah terlihat. Marvellous. Karena kamu istimewa. Untuk ukuran cerita anak-anak, kalimat ini sudah termasuk tingkat atas. Apalagi yang ada di dalam cerita. Ada satu quote dari Zakie yang aku suka. Begini bunyinya: “Many things about tomorrow. I don’t seem to understand. But I know God holds tomorrow, and He holds your hand too.” Hehehe, seukuran anak kelas 3 bisa memahami kalimat itu udah wow kan?!😀

Yap. Setelah baca novel ini, aku jadi dapat kesimpulan. Kalau kita itu suka membaca jangan terpaku pada satu jenis novel saja, tapi cobalah jenis-jenis novel lain yang sebelumnya bahkan tak pernah terpikirkan untuk dibaca. *Eh, emangnya nyambung ya sama cerita? :D* Ya nggak nyambung sama cerita sih. Tapi setelah baca novel anak ini, aku jadi tau gaya penulisan lain untuk novel. Bukan hanya novel teenlit, metropop, ataupun terjemahan aja.

Marvellous, karena kamu istimewa. Bisa menjadi selingan bagi para kutu buku yang sedang mencari bacaan ringan tapi bermakna *ecieh*. Sangat cocok untuk kalangan anak-anak juga, secara ini novel anak ;D

Sekian dari saya. Wassalammualaikum Wr. Wb.

amouradilla@cassieva.wp.com

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s