Posted in Drama, Korea

Reply 1997 (KDrama 2012)


Details

  • Title: 응답하라 1997 / Eungdabhara 1997
  • Also known as: Answer to 1997 / Reply 1997
  • Genre: Youth, sitcom
  • Episodes: 16
  • Broadcast network: tvN
  • Broadcast period: 2012-Jul-24 to 2012-Sep-11
  • Air time: Tuesday 23:00 (2 episodes back to back)

Production Credits

External Links

Synopsis

Drama ini akan berfokus pada sejarah ekstrem para fans idola pada tahun 1990an, ketika grup idola mengambil center dari dunia music dan KPop mulai berkembang.

Answer me 1997, bercerita tentang 6 orang lulusan salah satu SMA di Busan yang bertemu kembali dalam sebuah reuni di kota Seoul. Dan dalam reuni tersebut, mereka kembali mengenang masa-masa SMA mereka, pada tahun 1997. Berputar kembali ke masa lalu tahun 90-an dan kembali lagi ke masa sekarang, kisah ini berpusat pada kehidupan Sung Si Won (Jung Eun Ji), yang mengidolakan boyband H.O.T., dan juga kisah ke 5 orang teman SMAnya —KimchiDrama

Cast

Main Cast

Extended Cast

Cameos

Ratings

  • Episode ratings for tvN cable TV drama “Answer Me 1997”

Date

Episode

Subtitle

Average Rating (%)

Peak (%)

2012-07-24

01

Eighteen

1.20

1.80

02

Becoming more and more different

2012-07-31

03

What you see is not everything

1.20

1.70

04

Fair play

2012-08-07

05

Life’s counterattack

1.60

2.10

06

Love makes you do things you’ve never done

2012-08-14

07

Future hopes

3.25

4.56

08

D-day

2012-08-21

09

The thread of fate

3.00

3.80

10

The reason I like you

2012-08-28

11

The fairness of relationships

3.46

4.43

12

The meaning of hands

2012-09-04

13

Next time… no, now

3.70

4.70

14

Love is ordered by the heart

2012-09-11

15

While you were in love

4.17 (combined rating)

5.52 (combined rating)

2012-09-18

16

The reason why first loves don’t last

7.55 (combined rating)

9.47 (combined rating)

*****

Annyeong…

Aku bawa drama komedi yang lagi hot-hotnya nih! Apa lagi kalau bukan Answer me 1997, atau bisa disebut Answer to 1997, atau ada juga yang bilang Reply 1997. Semuanya bisa lah. Terserah kalian enak nyebutnya apa. Kalau aku sih biasa sebut Reply 1997, soalnya leih pendek, hehe.

Reply 1997 ini sitcom terbaru dari saluran TV Kabel Korea, tvN, yang dulu menayangkan dramanya Myungsoo itu lhoh, Shut Up Flower Boyband. Kalau dulu Myungsoo Infinite, sekarang Hoya Infinite yang main dramanya. Besok siapa lagi, ya? Woohyun mungkin?!😄

Awalnya emang udah ngincer nih drama. Tapi karena masih airing di Koreanya, jadi aku nggak bermaksud buat mengejar lebih lanjut. Nunggu aja sampai udah tamat baru berburu. Kalau udah tamat, kan, lebih gampang. Udah banyak link yang berkeliaran. Eh, rencana bisa berubah memang. Lihat respon yang sangat positif dari penonton Korea sana (bukan Cuma Korea sih, luar Korea juga), aku yang Cuma ngikutin dari jasa penulis synopsis jadi pingin ikutan nonton secara langsung. Dan beginilah jadinya, setiap Selasa malam, sampai dini hari, aku rela-relain mantengin soompi buat nyari recapan dan kali aja udah ada yang ngupload episode terbarunya😀 Dan sukses sampai Selasa kemarin. Berakhir dengan tak mengecewakan🙂

Reply 1997, bercerita tentang 6 teman SMA yang dipertemukan kembali dalam sebuah acara reuni sekolah mereka. Dan dari reuni sekolah itu, mereka membawa lagi kenangan lama di tahun 1997an sampai sekarang. Ini nih yang bikin drama ini berkesan. Dari hanya sebuah reuni, yang bahkan beberapa jam bisa selesai, mereka ber-6 bisa menceritakan kisah masa lalu mereka sampai-sampai penonton dibuat penasaran dengan kelanjutannya.

Sung Si Won. Diperankan oleh Jung Eun Ji (APink). Alasan utama pengen lihat drama ini ya karena ada di Eunji ini😀

Seorang gadis Busan yang agak tomboy, seenaknya sendiri, manis walaupun nggak sesuai dengan kelakuannya, dan tentu saja seorang penggemar HOT sejati. Aku jadi tahu lagu-lagu HOT juga gara-gara nonton ni drama. Tony Ahn itu biasnya yang utama. Tapi keseluruhan HOT dia fanatic banget. Dia selalu nyempetin nonton konser, maupun reality show yang ada HOTnya. Kamarnya penuh poster HOT, dan dia bahkan rela nulis pesan dengan darahnya demi diterima jadi pengurus fansclub HOT. Pokoknya dia itu fanatic banget sama HOT. Dia punya teman sejak kecil namanya Yoon Yoon Je.

Yoon Yoon Je. Diperankan oleh Seo In Guk. Baru pertama kali ini lihat Seo In Guk😀

Yoon Je tinggal sama kakaknya, Yoon Tae Woong. Orang tuanya udah meninggal sejak dia kecil. Beruntung ada keluarga Si Won yang bersedia menggantikan peran keluarga untuk dia dan kakaknya. Dia dan Si Won berteman sejak kecil. Nggak jarang Yoon Je main ke rumahnya Si Won. Begitu juga sebaliknya. Teman sejak lahir sampai SMA nggak menjamin mereka bakal adem ayem sebagai teman. Diantara ke 6 sahabat ini, mereka berdua adalah yang paling parah berantemnya. Pasti kalau Yoon Je dan Si Won ketemu berantem. Berbeda dengan Si Won yang seenaknya sendiri, Yoon Je ini peringkat satu di kelas, kalem, pinter, dan keren, haha. Dibalik pertengkarannya dengan Si Won, ternyata selama ini dia punya rasa sama Si Won. Tapi yah namanya Sung Si Won. Nggak bakalan mengerti tentang masalah begituan.

Kang Joon Hee. Diperankan oleh Hoya Infinite. Awalnya aku nggak begitu suka sama Hoya di Infinite. Tapi setelah nonton drama ini kayaknya Hoya nggak seburuk yang aku duga dulu. Keren malah😀

Joon Hee itu teman baiknya Yoon Je. Dia juga sering jadi tempat curhatnya Si Won. Dia yang paling kalem diantara ke 6 sahabat. Mungkin karena dia dikelilingi saudaranya yang semuanya perempuan (kalau nggak salah ada 9), makanya dia jadi manis n kalem kayak perempuan. Tapi, dibalik wajahnya yang manis dan pendiam itu, ternyata dia memendam rahasia. Orang yang Joon Hee sukai selama ini tak lain tak bukan adalah Yoon Je sendiri.

Mo Yoo Jung. Diperankan oleh Shin So Yool. Pemeran Rayi di Jungle Fish 2 dulu itu. Ini alasan lain kenapa aku ngejar drama ini. Ada Lee Rayi😀 Di sini dia jadi sahabatnya Shi Won. Sempet ada pertengkaran antara dia dan Si Won dulu. Pasalnya Si Won yang penggemar HOT sejati, mengira Yoo Jung yang memang selama ini terlihat seperti fans HOT sejati kayak dia adalah benar-benar fans HOT. Tapi tak disangka kalau Yoo Jung ternyata juga suka boyband Sech Kies *baru tau kalau ada yang namanya SK .__.v* , yang saat itu jadi rivalnya HOT. Kontan aja Si Won sebel sama Yoo Jung karena nggak mau jujur sama dia dari dulu. Tapi namanya sahabat, masalah apapun bisa di atasi, kan?

Do Hak Chan. Diperankan oleh Eun Ji Won, Sech Kies. Ketawa waktu tau orang ini ikut main di sini juga. Secara umurnya di atas rata-rata para pemain di sini. Aku pikir dia bakal ketuaan. Tapi ternyata setelah main dia yang keliatan paling imut lhoh😀

Hak Chan itu pindahan dari Seoul. Pertama kali pindah langsung mulai mengambil alih seluruh pandangan sekolah yang awalnya tertuju ke Yoon Je, siswa paling pintar. Hak Chan doyan banget sama apa aja yang berhubungan sama p*rno. Tapi anehnya dia itu paling salting kalau di dekat cewek. Yoo Jung aja waktu di depannya dia langsung nggak berkutik.

Nggak nyangka Eun Ji Won yang notabenenya dulu anggota Sech Kies di drama ini malah main jadi temennya Si Won, penggemar fanatiknya HOT. HOT vs Sech Kies?

Terakhir, Bang Sung Jae, diperankan oleh Lee Shi Un.

Menurutku Sungjae di sini nggak terlalu punya banyak masalah. Dia dibuat jadi kayak problem solvernya malah. Tanpa dia keberadaan 6 sahabt ini nggak lengkap. Nggak ada komen buat dia .__.v

Kisah dari 6 orang ini yang paling dipusatkan di drama ini. Kisah yang diungkapkan di reuni disusun sedemikian cantik oleh penulisnya agar membawa misteri bagi para penonton. Dan penonton takkan mengetahui jawabannya sampai episode selanjutnya tayang.

Yang pertama. Di reuni di sebutkan kalau ada sepasang pasangan yang akan mengumumkan pernikahannya. Awalnya penonton dibuat bingung. Setelah episode selanjutnya baru ketauan kalau yang menikah itu Mo Yoo Jung sama *tiiiitttt* disensor😀 Lihat sendiri dramanya.

Kedua. Ternyata ada lagi pasangan yang udah menikah. Itu adalah Sung Si Won. OMG?! Si Won nikah sama siapa?! Ada banyak clue yang menunjukkan pada namja-namja berbeda juga. Bahkan kalau di Korea, siapa suami Si Won sebenarnya dibikin buat kuis sama tvN-nya. Ada 4 calon yang mungkin.

Pertama itu Yoon Tae Woong. Nah lhoh?! Kenapa nama ini masuk daftar?! Kakaknya si Yoon Je yang juga guru di sekolah mereka ini emang deket sama Si Won. Malah dulu pernah sampai pacaran sama Si Won. Makanya dia masuk daftar. Nomor satu lagi.

Kedua Yoon Jae. Banyak clue yang diberikan yang mengarah pada Yoon Je. Tapi harapan penonton agar Si Won berujung pada Yoon Je tak berjalan mulus. Karena setiap ada clue yang mengarah ke Yoon Je, selalu dilanjutkan dengan clue yang mengarah ke Tae Woong.

Ketiga, Kang Joon Hee. Cowok yang sering jadi tempat curhat Si Won ini juga jadi calon kuat. Kali aja dia udah nggak suka Yoon Je and malah beralih ke Si Won.

Terakhir, Bang Sung Jae. Nggak banyak petunjuk yang mengarah ke dia. Aku yakin pasti bukan dia. Tapi terus aku jadi bingung. Kalau pasti bukan dia, kenapa di masukin daftar juga?! Jangan-jangan Sungjae ada perang penting dalam hubungan cinta Si Won sampai dia jadi kandidat suami Si Won sebenarnya! Oh tidaak.. jangan sampai!

Misteri suaminya Si Won belum terkuak sampai ada misteri lagi. Ternyata Si Won itu udah hamil. Kapan nikahnya????!! Siapa ayah bayinya?!! Ini juga yang bikin penasaran.

Mnurut aku ya. Sebenarnya inti cerita ini adalah nebak siapa suaminya Si Won kali, ya? Hahaha😄 Tapi di situlah sisi menariknya. Belum ada drama yang konsepnya seperti Reply 1997 sebelumnya. Dan misteri tebak-menebak inilah yang akhirnya membuat penonton betah menanti drama ini bahkan sampai episode terakhirnya.

Reply 1997 sendiri berhasil memecah rekor rating buat tayangan tv kabel. TV Kabel itu nggak sebesar KBS, atau SBS. Makanya kalau dapet rating itu nggak gampang. Tapi beda sama Reply 1997. Drama ini bisa bikin rating yang biasanya rendah jadi tinggi menulang berkat kisah cinta segi tiga antara Yoon Je, Si Won, sama Tae Woong.

Selain cerita yang dikemas apik, acting para pemainnya juga mendukung lhoh. Nama-nama pemainnya rata-rata baru dalam dunia drama, tapi aktingnya udah keren banget. Eunji sama Hoya malah baru kali ini main drama. Kalau In Guk dulu pernah jadi tambahan di Love Rain-nya Yoona. Tapi aku belum liat. Soundtraknya juga keren-keren. Apa lagi ada bunyi kambing ngembik “mbeeekk ngek” tiap adegan yang bikin awkward😀 Lucu pokoknya.

Beneran deh. Kalau belum nonton, buruan nonton. Rugi kalau nggak nonton. Sekali kalian nonton episode satu, pasti pingin segera lanjut ke episode berikutnya. Beruntungnya kalian yang baru mulai mencari sekarang. Karena pasti udah banyak link downloadnya. Nggak kayak dulu waktu drama ini masih airing, cari sub englishnya sulitnya minta ampun -___-v

Oke. Sekian cuap-cuap dari saya. Kalau ada salah sata maupun yang tak berkenan maafin ya. Dan… Buat Eunji, walaupun banyak yang berharap kau dan In Guk jad pasangan beneran di dunia nyata, aku tetap berharap agar kau bisa dengan Mir-ku saja, hahaha #abaikan.

Annyeong~

Credit:

Source: dramawiki

Posted by: amouradilla@cassieva.wp.com

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s