Posted in Film, Korea

Blind (KMovie 2011)


Blind (KMovie 2011)

Profile

  • Movie: Blind
  • Revised romanization: Beulraindeu
  • Hangul: 블라인드
  • Director: Ahn Sang-Hoon
  • Writer: Choi Min-Suk
  • Producer: Yoon Chang-Eob
  • Cinematographer: Son Won-Ho
  • World Premiere: July 22, 2011 (Puchon International Film Festival)
  • Release Date: August 11, 2011
  • Runtime: 111 min.
  • Genre: Thriller
  • Distributor: Next Entertainment World
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Plot

Sebuah kasus tentang hilangnya seorang mahasiswi universitas dan korban tabrak lari sepertinya mempunyai hubungan. Para detektif berusaha mencari seorang saksi mata dan bukti.

Dalam sebuah kantor polisi, Min Soo Ah (Kim Ha-Neul) berjalan. Seharusnya dia dijanjikan untuk menjadi calon perwira di sebuah akademi polisi. Namun setelah mengalami sebuah kecelakaan mobil yang membunuh adik laki-lakinya, karir polisi Soo Ah berakhir. Min Soo Ah juga kehilangan daya penglihatannya dalam kecelakaan itu. Min Soo Ah mengungkapkan pada Detektif Jo (Jo Hie-Bong) di kantor poisi bahwa pada malam kasus tabrak lari terjadi, dia ditawari seorang pengemudi taksi untuk menaiki taksinya. Soo Ah meyakini kalau sopir taksi itu mungkin adalah pelaku kasus itu. Awalnya, Detektif Jo tidak menganggap serius perkataan Soo Ah karena wanita itu buta, tapi ketika Soo Ah menunjukkan kemampuan inderanya yang tajam, detektif itu mulai mempercayainya.

Detektif Jo dan Min Soo Ah kemudian bekerja sama untuk menemukan sopir taksi itu, tapi mereka tak membuahkan hasil. Kemudian saksi mata lain muncul, Kwon Ki Sub (Yoo Seung-Ho). Kwon Ki Sub adalah seorang pengantar makanan menggunakan motor yang menyatakan kalau dia juga menjadi saksi dalam kasus tabrak lari tersebut. Kwon Ki Sub juga menyatakan kalau mobil yang digunakan dalam kasus tersebut bukanlah sebuah taksi, melainkan sebuah mobil sedan impor.

Kemudian, Min Soo Ah menyadari kalau dirinya sedang dibuntuti oleh seorang laki-laki misterius…

Notes

  1. Naskah untuk “Blind” memenangkan project fair yang diadakan oleh Korean Movie Producers Guild pada tahun 2009.

Film Festivals

Awards

Cast

Additional Cast Members:

*****

Annyeong ~

Bagi film lagi nih, kali ini temanya nggak mellow-mellow ataupun cinta-cintaan lagi. Ecieeh,, udah move on nih yee😀

Blind, Korean Movie tahun 2011 ini, dimainkan oleh 2 bintang terkenal Korea. Yang pertama adalah Kim Haneul yang udah nggak diragukan lagi aktingnya, yang kedua adalah mantan pacarku, eh, Korean Little Brother Nation ding, Yoo Seungho!!

Blind bercerita tentang Min Soo Ah (diperankan oleh Kim Ha Neul), seorang polisi wanita yang harus kehilangan pekerjaan dan penglihatan serta adik laki-laki karena kecerobohannya. Adiknya meninggal akibat kecelakaan saat bersamanya. Soo Ah sendiri harus kehilangan indera penglihatannya karena ini. Namun, tak berarti kalau ia buta kemampuannya dalam bidang polisi menurun. Ia masih handal seperti dahulu. Selama kehidupannya, ia ditemani oleh anjingnya yang setia bernama Seul Gi.

Konflik dimulai ketika malam hujan, Soo Ah yang buta ditawari tumpangan oleh seorang pria yang ia kira adalah supir taksi. Dalam perjalanan tumpangannya itu, tak sengaja sang supir menabrak sesuatu. Si sopir mengaku pada Soo Ah yang buta kalau itu hanyalah seekor anjing. Namun Soo Ah yang indera lainnya -selain penglihatan- sangat tajam, merasa itu bukan anjing, melainkan seorang manusia. Dan terbuktilah dugaannya kalau kasus malam itu adalah kasus tabrak lari.

Di kantor polisi, Detective Jo dipusingkan dengan kasus pembunuhan para wanitamuda yang menghilang secara tiba-tiba. Belum selesai masalahnya selesai, datang masalah tabrak lari yang ia duga mempunyai hubungan dengan kasus yang sedang ditanganinya. Dan mulailah ia menyelesaikan kasus tabrak lari. Namun, karena kasus terjadi di malam hari dan tak banyak saksi mata, Detective Jo menjadi kesulitan. Ia pun memasang spanduk tentang imbalan bagi saksi mata kasus tabrak lari.

Soo Ah, tanpa mengetahui perihal imbalan itu, datang ke kantor polisi sebagai saksi mata. Awalnya, karena kebutaan yang dideritanya, kesaksian Soo Ah agak diragukan. Tapi kemudian, Soo Ah berhasil membuktikan pada Detektif Jo bahwa kemampuan matanya saja yang menghilang, selain itu semua inderanya masih berfungsi sangat baik. Detective Jo pun perlahan mengganggap kesaksian Soo Ah sebagai kebenaran dan meminta Soo Ah untuk berpartisipasi dalam penyelesaian kasus ini.

Kemudian datang lagi orang yang mengaku saksi. Dengan iming-iming imbalan yang akan diberikan, Kwon Gi Sub (diperankan oleh Yoo Seungho), seorang petugas restoran mi, yang di malam kejadian memang melihat kejadian itu datang ke kantor polisi sebagai saksi. Namun karena informasi yang ia katakana agak berbeda dengan hipotesis Soo Ah yang buta sempat terjadi perselisihan antara keduanya.

Tapi kemudian berubah. Kasus tabrak lari itu memang janggal dan mempunyai hubungan dengan pembunuhan-pembunuhan lain. Detektif Jo dibantu Soo Ah dan Gi Sub berusaha menyelidiki kasus itu. Namun usaha mereka harus terganggu karena Soo Ah -yang masih mengenali ciri-ciri si sopir taksi palsu sekaligus pelaku tabrak lari tersebut- menyadari kalau pria itu mengikutinya dan berusaha membunuhnya.

Bagaimana kelanjutan kasus tabrak lari tersebut? Dapatkah Detektif Jo, Soo Ah, dan Gi Sub mengungkap kebenarannya? Saksikan lanjutan ceritanya dengan menonton sendiri film ini😀

Blind. Film genre thriller yang aku suka selain 4th Period Murder Mystery. Alasannya? Yah, karena keduanya dimainkan oleh mantanku, Yoo Seungho! Hehehe. Nggak ding. Karena ceritanya emang beneran bagus.

Berkat aktingnya di Blind ini, Kim Ha Neul berhasil mendapatkan penghargaan Best Actress lhoh. Nggak heran, soalnya aktingnya di sini jadi orang buta keren banget. Nggak Cuma satu, penghargaan yang didapat Blind ini juga banyak lhoh.

Film ini nggak Cuma misteri, ada juga bagian mengharukannya lhoh. Waktu dibahas kembali tentang masa lalu Soo Ah yang terpaksa harus kehilangan adik tercinta karena keteledorannya, serta waktu Seul Gi, anjing Soo Ah dengan sekuat tenanganya berusaha melindungi Soo Ah dari kekejaman sang pembunuh. Hiks. AKu nangis waktu bagian Seul Gi. Nggak film thriller nggak film mellow, tetap aja aku kalau nonton film dikit-dikit nangis T.T

Dari film ini, aku jadi tahu seberapa besar cinta Seul Gi dan anjing-anjing lainnya kepada pemiliknya yang udah memperlakukan dia dengan baik. Seorang anjing seperti Seul Gi rela melakukan apa saja demi menyelamatkan Soo Ah. Hiks. Jadi begini ikatan cinta seorang hewan peliharaan dan pemiliknya. Pantas aja banyak yang bilang kalau anjing itu sahabat setianya manusia.

Selain itu, aku jadi tahu kalau permukan keramik warna kuning yang nggak rata yang biasa ada di sepanjang jalan/trotoar atau terminal atau tempat umum lainnya di kota-kota besar itu ada tujuannya. Kalau di Blind, permukaan nggak rata itu berguna banget buat pejalan kaki yang buta. Di Blind digambarkan ketika Soo Ah dikejar oleh pembunuh itu di stasiun ia harus berjalan cepat menyusuri stasiun itu dengan cara mengikuti keramik kuning tak rata dan bantuan Gi Sub n Seul Gi. Nah, ternyata dari film kita bisa dapet info yang sebelumnya kita nggak tau kan?

Oke. Mungkin segitu aja ulasan tentang Blind dari aku. Maaf kalau ada salah kata dan kata yang tak berkenan. Bagi kalian pecinta film Korea khususnya thriller, jangan lupa nonton Blind ya!

Annyeong ~

Credit:

source: asiandrama, wikipedia

posted by: amouradilla@cassieva.wp.com

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s