Posted in Drama, Korea

Reply 1988 (tvN 2015)


Reply_1988-p2Sebuah drama tentang beberapa keluarga dalam satu lingkungan yang sama, bersetting pada tahun 1988.

Details

  • Title: 응답하라 1988 / Eungdabhara 1988
  • Also known as: Answer to 1988 / Answer Me 1988
  • Genre: Youth, romance, comedy, family
  • Episodes: 20
  • Broadcast network: tvN
  • Broadcast period: 2015-Nov-06 to 2016-Jan-16
  • Air time: Friday & Saturday Night 19:50
  • Original Soundtrack: Reply 1988 OST
  • Related TV Shows: Reply 1997 (tvN, 2012) and Reply 1994 (tvN, 2013)

Production Credits

External Links

Plot

In 1988, Duk-Sun (Hyeri), Jung-Hwan (Ryoo Joon-Yeol), Sun-Woo (Ko Gyung-Pyo) and Dong-Ryong (Lee Dong-Hwi) adalah siswa SMA sementara Taek (Park Bo-Gum) seorang pemain baduk. Lima teman ini sudah bersahabat sejak mereka kecil. Mereka tumbuh bersama dan masih bertetanggaan sampai sekarang. Keluarga mereka juga dekat satu sama lain. Mereka selalu berkumpul dan bermain bersama di kamar Taek dan menghabiskan waktu bersama.

Duk-Sun’s family miskin dan mereka tinggal di rumah semi-basement Ayahnya, Dong-Il (Sung Dong-Il) kehilangan uangnya karena menjamin hutang seseorang. Walaupun demikian, Duksun mempunyai kepribadian yang cerah dan suka menari maupun menyanyi. Dia selalu bertengkar dengan kakak perempuannya Bo-Ra (Ryoo Hye-Young).

Jung-Hwan’s family dulunya juga miskin, tapi mereka jadi kaya dalam semalam HAHA. Junghwan sendiri tergila-gila dengan yang namanya sepak bola.

Sun-Woo adalah siswa teladan di sekolahnya, putra yang baik, dan kakak yang baik di rumahnya. Ibunya membesarkan dia dan adik perempuannya sendirian setelah ayah mereka meninggal dunia.

Dong-Ryong suka menari dan bermain dengan keempat temannya. Dia menyerah masuk universitas karena nilainya yang buruk di sekolah.

Taek adalah pemain baduk yang terkenal sebagai God (Dewa). Sejak ia putus sekolah, Duk-Sun, Jung-Hwan, Sun-Woo and Dong-Ryong adalah temannya satu-satunya.

Cast

Main Cast

Dong Il’s family

Sung Kyun’s family

Sun Young’s family

Moo Sung’s family

Jae Myung’s family

Others

Cameo and Guest Appearances

Episode Ratings

See Reply 1988/Episode Ratings

reply-1988-poster-540x764

Notes

  1. “Reply 1988” menggantikan jam tayang drama tvN Jumat & Sabtu 19:50 yang sebelumnya ditempati oleh “Second Time Twenty Years Old” dan akan digantikan oleh “Signal” pada Januari 2016.
  2. Premis drama ini terinspirasi dari MBC drama series “Three Families Under One Roof” (“Hanjiboong Segajok”) yang tayang pada 9 November 1986 sampai 13 November 1994.
  3. Pembacaan naskah yang pertama dilakukan di siang hari tanggal 8 Juli 2015 di CJ E&M CENTER di Sangamdong, Seoul.
  4. Proses pembuatan film dimulai tanggal 31 Juli 2015 di sebuah drama set di Uijeongbu, Gyeonggi Province, South Korea.
  5. Kisah dan karakter tidak berhubungan dengan series sebelumnya.
  6. Related titles:
    1. Reply 1997 | Eungdabhara 1997 (tvN / 2012)
    2. Reply 1994 | Eungdabhara 1994 (tvN / 2013)
    3. Reply 1988 | Eungdabhara 1988 (tvN / 2015)

 

*****

Assalammualaikum wr.wb.

Annyeong~!

Kali ini aku bawa drama lhoh. Baru selesai aja kemarin. Drama yang berhasil bikin penontonnya berantem satu sama lain haha. Apalagi kalau bukan Reply 1988. Yap. Reply series kembali dengan PD dan SW yang sama yang nggak perlu diragukan lagi karyanya karena dari dua series sebelumnya udah berhasil bikin ketawa, nangis, dan sakit hati di saat yang bersamaan.

Kali ini settingnya tahun 1988, tepatnya saat olimpiade digelar di Korea. Tokoh utamanya Hyeri Girl’s Day. Awalnya tahu… heol. Bisa-bisanya Reply milih Hyeri buat jadi tokoh utamanya? Mana pantas?! Sampai akhirnya terima aja lah, toh kita juga nggak bisa apa-apa haha. Mana pemain lainnya aku nggak kenal semua. Cuma tahu Go Kyungpyo dulu main di Jungle Fish 2 sama Operation Proposal. Bertahan gara-gara Sung Dongil sama Lee Ilhwa yang jadi orang tuanya lagi dan tentu aja karena ini Reply series! Yup, sepertinya akan sayang kalau ninggalin Reply Cuma gara-gara Hyeri yang main. Toh dulu Go Ara juga dikecam tapi pada akhirnya tersepona semua haha.

Seperti series sebelumnya, Reply 1988 ini juga masih bawa tebak-tebakan suami. Ini nih yang bikin penonton pada berantem wkwk. Tapi dari awal, udah dibilangin sama PDnim, kalau series ini akan lebih focus ke cerita keluarganya. Jadi jangan terlalu focus sama pencarian suami. Karena yakinlah, kalian akan menyesal haha.

reply-1988 55Bercerita di sebuah blok perumahan Sangmundong. Lima sahabat dari kecil, Sung Duksun (Hyeri), Kim Junghwan (Ryu Junyeol), Sunwoo (Go Kyungpyo), Ryu Dongryul (Lee Donghwi), dan Choi Taek (Park Bogum) menjalani masa muda mereka di blok kecil itu. Tanpa ponsel, tanpa social media. Masih murni dengan TV jadul mereka haha.

Asal kalian tahu aja, rumah Duksun itu di bawah rumah Junghwan, semacam basemen gitu. Dia tinggal sama Appa Dongil, Eomma Inhwa, Eonni Sung Bora (Ryu Hyeyoung) sama adik laki-laki yang selisih 2 tahun (apa 1 aku lupa haha) Sung Noeul. Ceritanya nanti akan berkisar dalam masalah keluarga dan kehidupan lima sahabat itu di masa mudanya. Yah, khas-khas reply gitu lah. Tapi kalau boleh jujur, di series ini, cerita kekeluargaannya benar-benar top. Nggak jarang kita dibikin nangis tiap lihat. Hampir tiap episode malah. Durasi sekitar satu jam lima belas menitan aja nggak kerasa lhoh kalau nonton ini.

Sekarang ke pemainnya.

r88 duksunSung Duksun (Lee Hyeri Girl’s Day)

Yap. Bintang utama yang jadi sorotan di 1988 adalah Duksun. Potongan pendek, baju jadul, dan… kelakuannya nggak kayak cewek. Mirip Sunng Siwon gitu lah. Tapi masih ada dandan-dandannya kalau ini. Sampe bikin bulu mata palsu pakai korek api wkwk. Duksun anak yang ceria. Walaupun ia sering bertengkar dengan kakak dan adiknya, jadi bahan tertawaan teman-temannya, tapi dia tetep aja bahagia. Yah, walaupun ia benci fakta tentang namanya yang menurutnya jelek dan kenyaataan kalau dia anak kedua (anak kedua terkenal sebagai anak yang sering dianaktirikan, nanti dibahas di episode 1).

reply-1988Sung Noeul (Duksun’s Brother) with official reply mom and dad wkwk (Lee Ilhwa dan Sung Dongil)

Sung Duksun tipe orang yang akan menyukai orang yang menyukainya. Dia ngaku sendiri di episode berapa gitu. Memang di sepanjang episode Duksun lah yang perasaannya paling nggak diekspos. Tapi kenyataan kalau dia akan menyukai orang yang menyukainya duluan itu ternyata benar-benar kuat. Yang nantinya bikin para shipper bertengkar karenanya HAHA.

Nggak punya mimpi. Sama kayak Sung Shiwon HAHA. Nilai akademiknya jelek, nggak ada bakat. Suka menari dan menyanyi asal. Suka berantem sama Junghwan. Dan suka nggak tegaan sama Taek.

r88 jungpalKim Junghwan (Ryu Joonyeol)

Sebut saja Duksun sebagai Siwon versi 88, Junghwan ini Yoonjae versi 88. Demi apapun, kalau mereka udah berantem itu asyiknya minta ampun #eh. Walaupun masih kerenan kalau Duksun berantem sama mbaknya sih wkwk.

Kelihatannya aja cuek, padahal sebenarnya, di keluarganya dia yang paling peka. Tapi sayangnya dia nggak semudah itu buat ngutarakan perasaannya. Tinggal di rumah yang paling bagus di Sangmundong, Ayah Kim Sungkyun (gila ngakak waktu tau Kim Sungkyun jadi bapak-bapak di sini padahal jadi anak kuliahan di R94 wkwk), Ibu Ra Miran (yang terkenal sebagai cheetahnya Sangmundong), dan kakak laki-lakinya Kim Jungbong. Nanti akan diceritakan gimana Jungpal (panggilan akrab Junghwan) yang nggak seterbuka itu dengan ibunya layaknya Sunwoo selalu menceritakan semuanya pada ibunya, tapi ternyata yang paling peka dengan keadaan keluarganya. Ia juga yang menyelesaikan semua masalah keluarganya. Dan dia juga adik yang baik karena rela melepaskan apa yang dia suka demi membuat kakaknya yang kesehatannya lemah itu bahagia.

112501-e1448411415832Happy ‘weird’ Family – Kim’s Family

Diam-diam dia juga pintar. Walaupun suka baca komik yadong dan keluyuran ke sana-sini, dia berhasil jadi rangking satu ngalahin Sunwoo yang siswa teladan HAHA.

Menyukai Duksun… secara diam-diam. Walaupun mereka sering bertengkar, sebenarnya Jungpal perhatian sama Duksun. Tanpa gadis itu sadari, Jungpal selalu melindungi dia, menunggunya di depan untuk berangkat sekolah bersama, melakukan apa yang Duksun minta, yang jelas segalanya untuk Duksun lah. Tapi sayang, Duksun terlalu bodoh untuk menyadari perhatian yang diam-diam itu. Dia kan nggak pekaaaa hiks.

Aku bilangin ya, Junghwan itu nggak ganteng. Termasuk biasa aja malah. Ganteng Sunwoo kemana-mana. Tapi nggak tahu kenapa, dia itu keliatan tampan karena semua tingkahnya. Punya charm tersendiri yang berhasil buat orang lain tertarik sama dia. Banyak kok yang bilang gitu. Sebenernya Junghwan itu nggak ganteng, tapi pesonanya itu… uh… kalian harus liat sendiri.

Sun Woo_zpssstudqqiSunwoo (Go Kyungpyo)

Ini nih satu-satunya yang aku tahu dari 4 cowok di sini HAHA. Payah. Ya, aku tahunya dulu dia Cuma pemain pembantu, sekarang dapet lead male. Kan keren.

Sunwoo ini, asal kalian tahu, nggak dikasih tahu marganya dari awal. Awalnya aku nggak sadar, biarin aja kali ya. Toh nggak penting. Nama ayahnya juga nggak pernah muncul. Jadi aku pikir biasa aja. Ternyata eh ternyata, alasan kenapa marganya disembunyikan bakal muncul nanti di pertengahan. Ternyata semua ada alasannya, dan nggak kuduga HAHA. Ini nih yang aku suka dari Reply, selalu out of the box ceritanya.

kim-seol-e1447743981312Sunwoo dan adiknya, Jinjoo

Sunwoo ini tipikal anak baik-baik. Selalu menuruti kata-kata ibunya, termasuk tentang jurusannya saat masuk kuliah nanti. Tidak mau menyakiti ibunya walaupun sekalipun. Punya adik perempuan kecil, namanya Jinju, sumpah ini anak gemesin banget. Bisanya Cuma makan, nari, nyanyi, nangis, jarang banget ngomongnya wkwk. Tapi tetep aja lucu. Mana punya kakak sekeren Sunwoo lagi. Sunwoo juga pintar. Nggak kayak Jungpal yang slenge’an, Sunwoo ini tipe pintar yang rajin. Dia nggak neko-neko. Tapi sekali udah suka sama orang, dia jadi mengabaikan ibunya haha.

reply 1988 lee dong hwiLee Dongryong (Ryu Donghwi)

Bang Sungjae versi 88 wkwk. Tapi kalau di sini, Dongryong itu lebih berperan sebagai konsultan masalah cinta dan kehidupan. Walaupun tampilannya kocak dan nggak jelas, ternyata di antara mereka berlima, dia yang paling mengerti tentang hidup. Tiap Duksun ada masalah, Dongryong yang bisa kasih solusi. Tiap Jungpal ada masalah, Dongryong juga yang membuatnya sadar. Tapi sayang, kehidupannya sendiri nggak begitu baik, baik itu keluarga ataupun cinta haha.

Ayahnya kepala sekolah di sekolahnya, ibunya business woman yang sibuk sekali, punya saudara laki-laki banyak tapi jarang yang ada di rumah. Jadi dia lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain dengan geng Sangmundong dan geng berandalannya yang lain. Sedih juga lihat dia di sini. Paling jarang diceritain tentang keluarganya. Yah, walaupun episode akhir-akhir dia muncul banyak sih. Tapi tetep aja nasibnya kayak Sungjae di 97.

Dikenal sebagai Park Namjungnya Sangmundong karena kemampuan menarinya (padahal menurutku ya biasa aja wkwk). Nilai akademiknya buruk. Nggak niat sama sekali buat lanjut kuliah. Kerjaannya Cuma main dan tidur.

Reply_1988-005 taekChoi Taek (Park Bogum)

Ini juga yang jadi spotlight, spotlight ku tepatnya HAHA. Demi apa kemana aja aku selama ini!! Ternyata ada manusia semanis dan seunyu ini kyaaa. Park Bogum, sering denger namanya, disebut sebagai new rising star 2015, bahkan sebelum dia main di Reply 1988. Tapi maaf ya, aku terlalu sibuk dengan selingkuhanku yang lain, aku jadi nggak nglirik dia sama sekali, haha. Lupakan.

Choi Taek, di awal episode dia jaraaaaang banget keluar. Malah aku kira dia Cuma cameo gara-gara tayangnya dikit banget. Tapi aku mikir, Reply nggak mungkin menyia-nyiakan actor booming macam Park Bogum buat Cuma numpang lewat, jadi pasti ada peran pentingnya. Ternyata eh ternyata… beneran penting! Penting banget malah! HAHAHA.

Dewa Baduk. Hampir semuanya dia menang tiap kali bertanding. Genius. Tapi Cuma dalam hal  baduk doang. Yang lainnya mah dia BABO sampai gemes lihatnya!

Tinggal berdua dengan ayahnya. Ibunya meninggal saat ia kecil, kemudian dia pindah ke Sangmundong dan bertemu keempat sahabatnya. Berhenti sekolah untuk mengejar karir baduknya. Makanya dia Cuma punya teman empat itu dan makanya pula dia nggak tahu apa-apa selain baduk.

tumblr_nzx9r5FUjR1untowto1_1280Choi Moosung – ayah Taek, disebut juga Papa Bear wkwk

Ayahnya sama diamnya kayak Taek. Tapi Papa Bear itu benar-benar sayang sama Taek. Proritas hidupnya itu Taek. Taek, Taek, Taek, dan Taek. Dia rela ngelakuin apa aja asalkan Taek bahagia.

Seperti yang aku bilang tadi, Taek itu Genius, tapi dalam hal baduk doang. Lainnya dia hancur. Dia bahkan nggak bisa masak ramyeon, nggak bisa nyalain tape recorder buat nyalain lagu, nggak bisa pakai pager, nggak pandai pakai sumpit, hal-hal kecil dalam hidup dia nggak ahli yang jelas. Wajahnya juga pasti polos-polos gimanaaa gitu. Gimana nggak kesel coba kalau ada anak 18 tahun yang kelakuannya macam anak-anak gitu?!

Karena itulah, di antara mereka berlima, Taek seperti anak yang paling harus dilindungi. Segala sesuatu yang bisa menyakitinya seakan dijauhkan oleh teman-temannya, dan segala hal sulit yang nggak bisa dia lakukan selalu dibantu oleh teman-temannya. Beruntunglah Taek punya sahabat macam mereka.

Dan karena itu pula lah, Duksun yang emang dasarnya nggak tegaan, selalu bantuin Taek kalau dia kesulitan. Dan tanpa dia sadari, tiap Taek butuh sesuatu, Duksun pasti ada buat dia. Mungkin ini juga yang buat Taek suka sama Duksun.

APA?! TAEK SUKA DUKSUN?! Taek bocah kayak gitu bisa suka sama cewek?!

Kalau kalian masih nggak percaya, jawabannya tetep iya. Ini juga twistnya. Dari awal pada nebak kalau persaingan suami Duksun nantinya bakal Junghwan sama Sunwoo. Tapi siapa sangka, ternyata malah Junghwan sama si polos Taek!! Demi apapun, Reply nggak bakal sia-sia in actor selevel Park Bogum Cuma buat cameo doang!! Ternyata bener kan! Ternyata si plonga-plongo Taek itu ada peran pentingnya HAHA.

Di satu sisi dia keliatan imut gitu karena kepolosannya. Di satu sisi, aku jadi sebel sendiri. Masak iya dia harus selalu dibantu? Kapan mandirinya? Mana dia ketergantungan obat lagi. Obat tidur woi, bukan obat terlarang. Yang jelas, dia itu bener-bener kayak anak kecil yang harus dillindungi. Sampai Junghwan pun akhirnya melakukan apapun buat melindungi Taek hiks.

Itu lima sahabat yang jadi focus di sini.

DqNMybuTrio kwek-kwek Ibu-ibu Ssangmundong

Tokoh lain yang penting ya tentu saja orang tua mereka yang gokil wkwk. Trio kwek-kwek ibu-ibu Sangmundong yang sukanya gossip (sayang kali ibunya Dongryong g masuk geng ini), terus bapak-bapak mereka yang aneh semua. Sung Dongil, udah tau keluarganya miskin nggak punya apa-apa lagi masih sempeeet aja beli apapun yang ditawarkan ke dia gara-gara kasihan. Choi Moosung, papa Bear Taek ini apalagi, dia kayak zombie, hidup tanpa emosi dan ekspresi (padahal mereka nggak tahu kalau emosinya udah meledak beneran bakal meledak wkwk). Terus bapaknya Dongryong, kepala sekolah yang suka mainan tapi galak sama anaknya, bakat tari Dongryeong ternyata menurun dari bapaknya ini. Terus yang paling kocak tidak lain tidak bukan Kim Junghwan appa, KIM SUNGKYUN WKWK. Dia itu definisi aneh dari segala aneh. Sampai nggak jarang istrinya minta cerai gara-gara kelakuannya yang terlalu aneh. Tapi di sini lah charmnya. Reply 88 ini nggak bakal hidup kalau nggak ada Kim Sungkyun!

maxresdefaultSung Bora (Duksun’s Sister)

Ada juga Bora, kakaknya Duksun yang kasar sekali tapi sebenarnya perhatian. Noeul, adiknya Duksun yang wajahnya kayak 30 tahun padahal masih 17 tahun. Jinju yang nggak tau dia bisa ngapain HAHA. Jungbong, yang udah enam kali gagal lulus ujian masuk universitas. Juga teman-temannya Duksun yang aneh bin ajaib. Semuanya lengkap deh.

Reply_1988-003Jung Bong (Junghwan’s Brother)

Yang aku suka dari Reply series ini adalah ceritanya benar-benar heartwarming. Familynya dapet banget. Tiap tokoh punya ceritanya sendiri dan masing-masing membawa kesan tersendiri. Masih ingat gimana awalnya aku benciiii sekali sama Bora. Dia itu kakak atau ibu tiri sih, sukanya ngamuk kasar. Terus sepanjang perjalanan episode, dilihatin sisi Bora yang lain, yang bikin kita jadi ngerti samaa dia. Terus juga masalah keluarga Kim Junghwan yang sebenernya sederhana, tapi gara-gara orangnya ribet semua makanya nggak selesai-selesai kalau nggak ada yang ngalah. Yang jelas, dari semua Reply, 1988 itu yang cerita keluarganya paling keren. Nggak jarang dibikin nangis tiap episodenya.

Persahabatannya juga. Geng Sangmundong bikin iri yang lihat. Andai saja aku punya teman-teman seperti itu… tapi apa daya, perumahanku beda sekali sama Sangmundong HAHA. Di R88 mereka berlima sering kumpul walaupun kepribadian masing-masing beda. Dan hebatnya, mereka rela mengalah demi sahabat meraka (ini yang nanti bikin ending loveline dramanya menyebalkan but aku suka haha).

Reply_1988-011Bora dan Sunwoo, tiba-tiba muncul menghancurkan semua dugaan tentang husband’s hunting wkwk

Untuk lovelinenya, aku beritahu ya. Masih ada tebak-tebakan suami kayak dulu. Di awal episode, dugaannya adalah Junghwan vs Sunwoo. Ternyata, Sunwoo keluar dari medan perang karena memang bukan seharusnya dia di sana. Dia Cuma numpang lewat. Lalu terungkaplah kalau sebenarnya ini adalah perang antara Junghwan vs Taek. Mendingan yang belum nonton, nikmatin aja loveline mereka tanpa nge-ship ke salah satu couple. Karena nanti pasti akan ada yang kecewa HAHA.

Keseluruhan, aku masih suka Reply 1997 yang utama. Coba aja kalau Reply 1988 ini lovelinenya nggak dieksekusi seperti itu, pasti 1988 jadi favorit semua orang. Tapi tetep aja, semua Reply series berhasil menaklukkan aku haha. Mungkin kalau ada Reply series yang lain, aku bakal masih tetep mau nonton kok. Habis sampai saat ini, nggak ada drama yang sekeren ini.

Okelah. Sekian dari saya. Maaf kalau nglantur kemana-mana. Maaf kalau ada salah kata. Maaf saya mau kabur sama Taek dulu #plak.

Annyeong~!

Wassalammualaikum wr.wb.

★★★★★

Credit:

Source: dramawiki, wikipedia, asianwiki

Picture: googling

Translated, edited, and posted by amouradilla@cassieva.wp.com

★★★★★

Penulis:

- 96's line - Shim Changmin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s